Mengenal Jerawat di Daun Telinga

Mengenal Jerawat Di Daun Telinga
Source: bing.com

Jerawat di daun telinga merupakan jenis jerawat yang jarang diketahui. Jerawat di daun telinga disebut juga jerawat kuning, dan biasanya terlihat seperti benjolan kecil dengan warna kuning kecoklatan. Biasanya jerawat di daun telinga juga disertai dengan bintik-bintik kecil yang berwarna coklat atau kuning.

Jerawat di daun telinga biasanya berada di bagian luar telinga, di sekitar lekukan telinga atau di bagian dalam telinga. Biasanya, jerawat di daun telinga lebih sering terlihat pada orang-orang yang memiliki tekstur kulit berminyak atau kulit yang lebih sensitif. Walaupun jarang diketahui, jerawat di daun telinga merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang.

Jerawat di daun telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kulit yang berminyak, kuman, bakteri, produksi sebum yang berlebihan, dan masih banyak lagi. Biasanya, jerawat di daun telinga akan menyebabkan sakit, gatal, dan peradangan di daerah sekitar telinga. Jerawat di daun telinga juga dapat meningkatkan risiko infeksi dan juga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Jerawat di Daun Telinga

Beberapa penyebab utama jerawat di daun telinga adalah:

  • Produksi sebum yang berlebihan. Kebanyakan orang yang memiliki kulit berminyak, akan mengalami masalah jerawat di daun telinga karena produksi sebum yang berlebihan. Sebum adalah cairan yang diproduksi oleh folikel rambut dan berfungsi untuk melicinkan kulit dan menjaga keseimbangan minyak pada kulit.
  • Kerak kulit. Kerak kulit adalah lapisan kulit mati. Biasanya terjadi karena kekurangan air dan kelembaban, yang dapat menjadi tempat untuk bakteri berkembang biak dan menyebabkan jerawat di daun telinga.
  • Kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti merokok, berlebihan minum alkohol, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, atau stres juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di daun telinga.
BACA JUGA:  Penyebab Munculnya Jerawat di Pipi Kanan

Gejala Jerawat di Daun Telinga

Gejala yang paling umum dari jerawat di daun telinga adalah benjolan di bagian telinga yang berwarna kuning atau coklat. Gejala lain yang mungkin terlihat adalah bintik-bintik kecil berwarna coklat atau kuning. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah gatal, peradangan, atau rasa sakit di daerah sekitar telinga.

Pencegahan dan Pengobatan Jerawat di Daun Telinga

Karena jerawat di daun telinga biasanya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan, maka salah satu cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang bisa mengurangi produksi sebum. Produk seperti sabun, toner, dan pelembab yang bisa membersihkan kulit dengan lembut dan mengurangi produksi sebum juga dapat membantu mencegah jerawat di daun telinga.

Jika Anda sudah mengalami jerawat di daun telinga, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengobatinya. Anda bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang bisa mengurangi produksi sebum, atau bisa juga menggunakan krim atau lotion antibakteri untuk mengurangi infeksi. Anda juga bisa membeli obat jerawat di apotek untuk mengobati jerawat di daun telinga.

Jika gejala jerawat di daun telinga tidak membaik setelah Anda mencoba berbagai cara pengobatan, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat lebih kuat atau saran lain dari dokter.

Kesimpulan

Jerawat di daun telinga merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Penyebab utama jerawat di daun telinga adalah produksi sebum yang berlebihan, kerak kulit, dan kebiasaan buruk. Gejala yang paling umum dari jerawat di daun telinga adalah benjolan yang berwarna kuning atau coklat. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang bisa mengurangi produksi sebum. Jika Anda sudah mengalami jerawat di daun telinga, Anda bisa mencoba beberapa cara pengobatan sederhana atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat lebih kuat.

BACA JUGA:  Apa Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

VideoMengenal Jerawat di Daun Telinga