Jerawat di Dalam Telinga Sakit: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Jerawat Di Dalam Telinga Sakit: Apa Yang Perlu Anda Ketahui?
Source: bing.com

Jerawat di dalam telinga merupakan masalah yang cukup umum. Mereka dapat menimbulkan rasa sakit dan juga gatal-gatal. Dalam beberapa kasus, jerawat dalam telinga bahkan dapat menyebabkan infeksi. Meskipun jerawat dalam telinga tidak perlu ditakuti, tetapi ada baiknya kita mengetahui penyebabnya, cara mengatasinya dan bagaimana mencegahnya.

Apa Itu Jerawat di Dalam Telinga?

Jerawat di dalam telinga adalah jenis jerawat yang terjadi di dalam kanal telinga. Mereka dapat muncul di dalam, bagian dalam telinga dan sekitar telinga. Jerawat di dalam telinga dapat berupa jerawat kecil berwarna putih atau hitam. Jerawat ini dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit jika terlalu dipencet atau digaruk. Meskipun jerawat di dalam telinga tidak berbahaya, namun ada baiknya untuk memeriksakan ke dokter jika mereka menjadi terlalu gatal atau menyebabkan rasa sakit.

Apa Penyebab Jerawat di Dalam Telinga?

Jerawat di dalam telinga disebabkan oleh pelbagai faktor. Salah satu faktor yang paling umum adalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak di dalam kulit. Penggunaan produk telinga yang berminyak, seperti minyak zaitun, juga dapat menyebabkan jerawat. Penggunaan alat telinga yang tidak bersih juga dapat menyebabkan jerawat dalam telinga. Beberapa jenis infeksi, seperti infeksi telinga, juga dapat menyebabkan jerawat di dalam telinga.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat di Dalam Telinga?

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat di dalam telinga. Perawatan utama tergantung pada penyebabnya. Jika jerawat disebabkan oleh infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi. Jika jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, dokter mungkin meresepkan obat hormon. Untuk mengurangi gatal-gatal, dokter mungkin meresepkan obat anti-alergi. Anda juga dapat menggunakan produk kulit yang khusus untuk jerawat di dalam telinga.

BACA JUGA:  Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat di Dalam Telinga?

Untuk mencegah jerawat di dalam telinga, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Periksalah telinga Anda secara teratur dan pastikan bahwa mereka tetap bersih dan kering. Jika Anda menggunakan alat telinga, pastikan untuk selalu membersihkannya dengan benar. Jangan menggunakan minyak zaitun atau produk lainnya yang berminyak di dalam telinga Anda. Jangan menggaruk atau mencubit jerawat. Jika Anda memiliki masalah jerawat di dalam telinga, lakukan konsultasi dengan dokter.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Ketika jerawat di dalam telinga Anda menyebabkan rasa sakit atau gatal yang berlebihan, ada baiknya untuk mengunjungi dokter. Jika Anda mengalami infeksi telinga, dokter akan meresepkan obat yang sesuai. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang berkepanjangan, dokter mungkin akan meresepkan obat hormon. Jika Anda memiliki masalah kulit lainnya, seperti eksim, dokter akan meresepkan obat yang sesuai.

Kesimpulan

Jerawat di dalam telinga merupakan masalah yang cukup umum. Mereka dapat menimbulkan rasa sakit dan juga gatal-gatal. Dalam beberapa kasus, jerawat dalam telinga bahkan dapat menyebabkan infeksi. Meskipun jerawat dalam telinga tidak perlu ditakuti, tetapi ada baiknya kita mengetahui penyebabnya, cara mengatasinya dan bagaimana mencegahnya. Jika Anda memiliki masalah yang berhubungan dengan jerawat di dalam telinga, ada baiknya untuk mengunjungi dokter.

VideoJerawat di Dalam Telinga Sakit: Apa yang Perlu Anda Ketahui?