Jerawat di Dalam Telinga: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jerawat Di Dalam Telinga: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Jerawat di dalam telinga adalah bentuk jerawat yang terjadi di area telinga, seperti lubang telinga atau di sekitar telinga. Ini disebut juga dengan istilah ‘jerawat otitis externa’ atau ‘jerawat telinga’. Jerawat telinga biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit berminyak, dan mereka juga lebih rentan terhadap bakteri yang berada di area telinga.

Jerawat di dalam telinga bisa berupa bintik-bintik kecil atau jerawat besar, dan beberapa dari mereka bahkan bisa menyebabkan rasa sakit. Jerawat di dalam telinga juga dapat membuat kulit di sekitar telinga kering, gatal, dan merah. Ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan terganggu.

Apa Penyebab Jerawat di Dalam Telinga?

Kebanyakan jerawat di dalam telinga disebabkan oleh keradangan kulit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus. Bakteri dapat masuk ke telinga melalui aliran darah atau jalur lainnya. Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat di dalam telinga adalah penggunaan alat telinga yang salah, seperti alat bantu dengar, dan penggunaan produk telinga yang salah, seperti krim, bedak, dan serum.

Beberapa orang juga bisa mengalami jerawat di dalam telinga akibat alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi atau ruam pada kulit dan menyebabkan jerawat di dalam telinga. Alergi dapat disebabkan oleh makanan, obat-obatan, atau bahan kimia.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat di Dalam Telinga?

Untuk mengobati jerawat di dalam telinga, Anda harus memastikan bahwa Anda menjaga kebersihan telinga Anda dan tidak menggunakan alat bantu dengar atau produk telinga yang tidak sesuai. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengobati jerawat di dalam telinga:

  • Gunakan minyak esensial yang mengandung eucalyptus atau tea tree oil untuk membantu membersihkan telinga.
  • Gunakan krim yang mengandung asam salisilat untuk mengurangi peradangan.
  • Gunakan krim yang mengandung antibiotik untuk mengobati infeksi.
  • Jangan gunakan kapas atau alat lainnya untuk membersihkan telinga.
BACA JUGA:  Berbagai Cara Mengatasi Jerawat Batu di Leher

Jika jerawat di dalam telinga Anda masih belum sembuh meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara, Anda harus segera pergi ke dokter. Dokter akan memeriksa telinga Anda dan meresepkan obat yang sesuai untuk mengobati jerawat di dalam telinga Anda.

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Mengatasi Jerawat di Dalam Telinga?

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengatasi jerawat di dalam telinga:

  • Hindari menggunakan alat bantu dengar atau produk telinga yang salah.
  • Jaga kebersihan telinga Anda dengan rutin.
  • Jangan menggunakan kapas atau alat lainnya untuk membersihkan telinga Anda.
  • Hindari menggunakan produk telinga yang mengandung bahan kimia agresif.
  • Jangan menggosok atau mencubit kulit di sekitar telinga Anda.
  • Jika Anda merasa sakit atau gatal, segera pergi ke dokter.

Kesimpulan

Jerawat di dalam telinga adalah bentuk jerawat yang terjadi di area telinga. Ini disebabkan oleh keradangan kulit yang disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus. Untuk mengobati jerawat di dalam telinga, Anda harus memastikan bahwa Anda menjaga kebersihan telinga Anda dan tidak menggunakan alat bantu dengar atau produk telinga yang salah. Jika jerawat di dalam telinga Anda masih belum sembuh meskipun Anda sudah mencoba berbagai cara, segera pergi ke dokter.

VideoJerawat di Dalam Telinga: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?