Jerawat di Dagu Besar dan Sakit

Jerawat Di Dagu Besar Dan Sakit
Source: bing.com

Jerawat, atau yang lebih dikenal dengan istilah komedo, adalah masalah kulit yang paling umum di dunia. Ia bisa muncul di manapun di tubuh kita, termasuk di dagu. Jerawat di dagu bisa juga disebut komedo atau jerawat tipe nodulocystic. Jerawat di dagu besar dan sakit bisa menyebabkan rasa sakit dan perasaan tidak nyaman.

Apa Yang Menyebabkan Jerawat di Dagu Besar dan Sakit?

Jerawat di dagu disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang disebut sebum. Sebum normalnya diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit. Jika kulit Anda berproduksi sebum berlebih, Anda bisa menderita jerawat. Jerawat di dagu besar dan sakit juga bisa terjadi karena penyumbatan pori-pori oleh sebuah benda asing atau karena infeksi bakteri. Jika Anda mengangkat atau menekan jerawat di dagu, maka bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

Gejala Jerawat di Dagu Besar dan Sakit

Jerawat di dagu besar dan sakit biasanya berwarna merah dan terasa sakit ketika disentuh. Beberapa gejala lainnya yang mungkin terlihat adalah kemerahan, bengkak, rasa gatal, dan pembengkakan pada daerah sekitar jerawat. Jerawat di dagu juga bisa menyebabkan rasa sakit dan perasaan tidak nyaman.

Pengobatan Jerawat di Dagu Besar dan Sakit

Untuk mengobati jerawat di dagu besar dan sakit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk topikal seperti krim atau gel yang mengandung antibiotik atau retinoid. Krim atau gel ini bisa membantu menghilangkan jerawat, mengurangi infeksi, dan mengurangi peradangan. Anda juga bisa menggunakan produk tindakan cepat seperti masker jerawat, krim pengencangan, atau produk pembersih wajah untuk membantu menghilangkan jerawat.

BACA JUGA:  Serum Penghilang Bekas Jerawat dan Harga

Kapan Harus Berobat Ke Dokter?

Jika jerawat di dagu besar dan sakit Anda tidak membaik dengan pengobatan di rumah, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan rekomendasi obat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Dokter juga bisa memberikan suntikan steroid untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat.

Pencegahan Jerawat di Dagu Besar dan Sakit

Untuk mencegah timbulnya jerawat di dagu besar dan sakit, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Kurangi produksi minyak dengan menghindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak berlebih.
  • Kurangi stres dengan melakukan latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi.
  • Konsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral.
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak, kafein, dan alkohol.
  • Cuci wajah secara teratur dengan air hangat dan sabun.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.

Tips Lainnya Untuk Mengatasi Jerawat di Dagu Besar dan Sakit

Selain mengikuti tips pencegahan di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain untuk mengatasi jerawat di dagu besar dan sakit. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker jerawat atau masker wajah untuk membersihkan kulit. Anda juga bisa mencoba menggunakan krim pengencangan yang bisa membantu mengecilkan pori-pori dan membantu mengurangi jerawat.

Kesimpulan

Jerawat di dagu besar dan sakit adalah masalah kulit yang umum dan bisa menyebabkan rasa sakit dan perasaan tidak nyaman. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan produk topikal seperti krim atau gel yang mengandung antibiotik atau retinoid. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, cara pencegahan seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin membersihkan wajah juga bisa membantu mengurangi jerawat di dagu besar dan sakit.

BACA JUGA:  Manfaat Kelly untuk Bekas Jerawat

VideoJerawat di Dagu Besar dan Sakit