Mengatasi Jerawat di Dagu yang Bengkak

Mengatasi Jerawat Di Dagu Yang Bengkak
Source: bing.com

Ketika jerawat datang, itu bisa menjadi sebuah masalah yang besar, terutama ketika jerawat itu muncul di daerah yang sangat terlihat. Salah satu daerah yang paling terkena imbasnya adalah dagu. Jerawat di dagu bisa terlihat sangat mencolok dan jika bengkak, bisa menjadi sebuah penderitaan. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat di dagu yang bengkak.

Kenali Penyebab Jerawat di Dagu

Untuk mengatasi jerawat di dagu yang bengkak, Anda harus tahu penyebabnya. Biasanya, jerawat di dagu muncul karena adanya kegiatan yang memprovokasi produksi minyak berlebih, seperti berbicara terlalu banyak, membayangkan wajah, dan menyentuh wajah terlalu sering. Penyebab lainnya adalah kotoran yang tersumbat di pori-pori yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan kulit agar jerawat di dagu tidak bengkak.

Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak juga dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Jadi, jika Anda memiliki jerawat di dagu yang bengkak, Anda harus mengurangi makanan berminyak dan berlemak. Makanan seperti makanan cepat saji, junk food, dan makanan pedas juga harus dihindari. Hindari juga alkohol dan merokok karena ini juga dapat memicu produksi minyak di wajah.

Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Tepat

Setelah mengetahui penyebab jerawat di dagu yang bengkak, Anda harus memilih produk perawatan wajah yang tepat dan cocok untuk Anda gunakan. Gunakan produk perawatan wajah yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Produk ini akan membantu mengurangi iritasi dan juga membantu mencegah jerawat berkembang. Jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah Anda setiap hari dengan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Jerawat di Kompres Es Batu, Manfaat dan Cara yang Benar

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah juga merupakan cara efektif untuk mengatasi jerawat di dagu yang bengkak. Masker wajah dapat membantu mengurangi iritasi dan menenangkan kulit. Anda bisa memilih masker wajah yang dibuat dari buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi atau masker wajah yang memiliki kandungan kimia untuk mengurangi jerawat. Anda juga bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Mengurangi Stres

Stres juga dapat memicu produksi minyak berlebih di wajah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengurangi tingkat stres Anda. Anda bisa melakukan berbagai macam cara untuk mengurangi stres seperti berolahraga, bermeditasi, dan berpikir positif. Anda juga bisa mencoba aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik, bermain game, dan menonton film untuk mengurangi stres.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Konsumsi vitamin dan suplemen yang tepat juga dapat membantu mengatasi jerawat di dagu yang bengkak. Vitamin C dan E, serta suplemen seperti omega 3, dapat membantu mengurangi produksi minyak dan memperbaiki tekstur kulit. Vitamin dan suplemen ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Kunjungi Dokter

Jika Anda tidak bisa mengatasi jerawat di dagu yang bengkak dengan obat-obatan alami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan solusi yang tepat dan menyesuaikan dengan jenis kulit Anda. Mereka juga dapat meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengatasi jerawat di dagu yang bengkak.

Kesimpulan

Jerawat di dagu yang bengkak adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Mulailah dengan mengenali penyebabnya, mengurangi konsumsi makanan berminyak, menggunakan produk perawatan wajah yang tepat, menggunakan masker wajah, mengurangi stres, dan konsumsi vitamin dan suplemen yang tepat. Jika Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat Tumbuh Terus

VideoMengatasi Jerawat di Dagu yang Bengkak