Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya

Jerawat di dagu bukanlah permasalahan baru yang dialami orang-orang. Mungkin kamu adalah salah satu yang mengalami permasalahan menjengkelkan ini. Jerawat merupakan suatu infeksi akibat ada hal yang tersumbat pada pori-pori. Kemunculan jerawat di area wajah memang cukup mengganggu, pasalnya dapat mempengaruhi kepercayaan diri.

Terdapat berbagai penyebab, munculnya suatu jerawat. Dimana, terkadang hal tersebut lebih sering muncul pada kulit yang berminyak. Namun, kurang kebersihan pada wajah.

Berbagai penyebab mengenai jerawat di dagu, tentu dapat diatasi dengan beberapa hal. Untuk menghilangkannya bisa dengan cara khusus atau umumnya dilakukan. Pada intinya, tentu harus tetap menjaga kebersihan area wajah.

Supaya dapat mengurangi, menghilangkan jerawat sekaligus kemunculan kembali jerawat yang baru. Jika sudah terkena jerawat, tentu harus segera ditangani dengan benar. Adapun berikut pembahasan mengenai jerawat yang ada di dagu mulai dari penyebab, cara menghilangkan serta tips pencegahannya.

Penyebab Jerawat di Dagu yang Perlu Diketahui

Ada banyak hal yang bisa memicu kemunculan jerawat di area dagu. Sebenarnya, penyebab munculnya jerawat tersebut memiliki alasan yang sama seperti di area pipi, hidung, kening atau lainnya.

Umumnya ada beberapa alasan seperti adanya perubahan hormone, kesalahan dalam membersihkan wajah atau bahkan kurang menjaga kebersihan. Lebih dari itu, masih banyak hal bisa memicunya. Silahkan menyimak penjelasan berikut.

1. Adanya Perubahan Hormon

Secara umum, hormone merupakan suatu zat kimiawi yang membawa pesan antar sel dalam tubuh. Dalam hal ini, hormone dapat berubah karena ada beberapa faktor. Namun, perubahan hormone tersebut, seringkali berdampak bagi tubuh.

Misalnya, dapat memunculkan jerawat di dagu. Jerawat di daerah dagu ini sering kali terjadi oleh remaja maupun Wanita. Hal ini karena, pada remaja dan Wanita akan mengalami perubahan hormon, ketika pubertas atau saat haid.

Dalam kondisi tersebut, Wanita akan memiliki hormone androgen yang tinggi. Dimana, androgen ini memiliki peran dalam merangsang minyak. Sehingga, pada saat itu akan rentan terkena jerawat.

2. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Mengalami ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam, biasanya sering terjadi pada laki-laki. Dimana, mereka kerap kali mencukur rambut di area dagu, yang dapat menimbulkan resiko tumbuhnya rambut ke dalam.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Kondisi yang seperti itu, biasanya karena penggunaan alat cukur yang tidak baik. Ketika hal ini terjadi, maka akan timbul benjolan seperti jerawat di dagu. Nantinya, dapat menjadi masalah jika dibiarkan.

3. Kurang Dalam Menjaga Kebersihan Wajah

Kebersihan wajah tentu merupakan hal sangat penting. Sebab, penyebab jerawat yang sering dialami adalah karena kurangnya dalam menjaga kebersihan. Apabila kulit tidak bersih atau tidak terjaga dengan baik, maka pori-pori yang ada di dagu akan tersumbat minyak.

Sebenarnya, hal ini juga tidak hanya pada area dagu saja. Melainkan juga bisa pada area pipi, hidung, maupun kening. Sumbatan oleh minyak, matinya sel kulit, serta bakteri dan kotoran yang menempel memicu suatu peradangan. Dengan demikian, akan timbul jerawat.

4. Pemakaian Produk Kecantikan atau Kosmetik yang Tidak Cocok

Ada banyak produk untuk perawatan maupun kosmetik yang beredar. Tentu tidak semua cocok untuk dipakai kulit masing-masing orang. Apabila, adanya ketidakcocokan pada kulit maka bisa saja timbul jerawat di dagu.

5. Mengalami Stress, Kurang Tidur atau Konsumsi Makanan Tertentu

Penyebab dari kemunculan jerawat di area dagu juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh seseorang. Dimana, kondisi tersebut yang mampu meningkatkan sebum berlebih.

Kondisi ini, misalnya ketika mengalami stress, atau bisa saja karena efek dari mengkonsumsi suatu obat. Selain itu, bisa juga karena kurang tidur serta mengkonsumsi makanan tertentu.

Cara Untuk Menghilangkan Jerawat di Dagu

Ketika sudah muncul jerawat di area dagu, tentu perlu ditangani dengan benar. Kamu bisa menghilangkannya dengan beberapa cara. Untuk itu, kamu bisa simak beberapa cara yang ada di bawah ini.

1. Mengoleskan Obat Jerawat

Setiap orang tentu ingin menghilangkan jerawat dengan segara. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat jerawat. Obat yang ini bisa berupa salep maupun krim yang bisa dioleskan pada jerawat.

Kamu bisa memilih salep jerawat yang memiliki kandungan asam salisilat maupun benzoil peroksida. Jerawat dapat hilang hanya dalam beberapa hari atau minggu saja. Namun, sebaiknya sebelum menggunakan konsultasikan lebih dulu ke dokter.

2. Membersihkan Wajah

Untuk menghilangkan jerawat di dagu, cara paling mudah adalah dengan membersihkan wajah. Ketika membersihkan ini, tidak hanya dengan air saja. Melainkan menggunakan sabun khusus dengan bahan ringan.

Pastikan sabun yang dipakai tersebut memiliki kandungan asam salisilat. Dengan begitu, akan lebih cepat untuk mengeringkan dan menghilangkan jerawat. Sebaiknya, rutin mencuci muka dalam dua kali sehari.

3. Mengompres Menggunakan Es

Menggunakan es batu ternyata bisa untuk menghilangkan jerawat di area dagu. Caranya dengan mengompresnya di area jerawat. Kamu bisa membungkus es batu pada kain ataupun handuk yang bersih.

Setelah itu, taruh es batu yang sudah terbalut pada daerah yang berjerawat. Tunggu, sampai kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan membantu menenangkan dan mengurangi peradangan jerawat.

BACA JUGA:  Inilah Penyebab Jerawat di Dahi dan Solusinya

4. Terapi Laser

Apabila berbagai cara cepat dan mudah sudah dilakukan untuk menghilangkan jerawat di dagu. Namun, hasilnya nihil. Maka, bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Tidak jarang dokter akan merekomendasikan menggunakan terapi laser. Selain menghilangkan jerawat, terapi laser juga dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat bisa saja tidak lagi muncul.

5. Melakukan Perawatan

Jerawat muncul tentu memiliki berbagai alasan yang menyebabkan hal itu terjadi. Namun, meskipun begitu jerawat tetap bisa diatasi dengan berbagai cara. Apabila dalam menangani jerawat, tetap tidak kunjung menghilang, maka berkonsultasi dengan dokter sangat penting.

Selain dengan terapi laser, perawatan dalam penanganan masalah jerawat bisa dengan berbagai metode sesuai kondisi pada wajah seseorang. Misalnya dengan mengkonsumsi antibiotic oral, Isotretinoin, ekstraksi serta pil KB.

Tips untuk Mencegah Jerawat di Dagu

Mencegah hadirnya kembali suatu jerawat sangatlah penting dilakukan. Hal ini supaya wajah tidak lagi bermasalah. Pasalnya, kemunculan jerawat akan menimbulkan efek masalah wajah lainnya.

Dalam hal ini, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, memiliki tekstur kulit yang kasar dan memunculkan komedo. Bahkan, jika tidak tepat dalam menanganinya, maka bisa menularkan jerawat di bagian lain, seperti pipi, kening dan lainnya.

Tidak hanya itu penanganan jerawat yang salah juga bisa membuat bagian wajah jadi bopeng. Hal ini, akan memperparah kondisi wajah. Untuk itu dalam penanganan serta pencegahan penting untuk mengetahui beberapa tips yang berikut ini:

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah merupakan hal wajib dilakukan setiap orang. Pada dasarnya tidak hanya wajah saja, melainkan semua bagian tubuh juga harus tetap dijaga kebersihannya. Supaya tidak memicu penyakit lain dan akan terlihat lebih segar.

Untuk mencegah datangnya jerawat di dagu lagi, maka perlu membersihkan wajah dengan rutin. Usahakan, membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Hindari kemalasan dalam hal kebersihan ini.

Dalam membersihkan wajah ini, jika menggunakan air saja bisa dilakukan beberapa kali. Namun, apabila menggunakan sabun, sebaiknya melakukan dua kali saja sehari. Supaya, tidak akan menimbulkan efek kering di wajah.

Hal ini karena Sebagian besar sabun memiliki kandungan. Dimana, kandungan tersebut dapat memicu kulit kering jika berlebihan dalam pemakaian. Maka, dari itu gunakanlah dengan bijak dan secukupnya saja.

2. Mengendalikan Stress dan Menjaga Pola Tidur

Stres memang dapat memicu berbagai reaksi lain pada tubuh. Hal ini disebabkan kondisi tidak stabil pada tubuh. Salah satu, yang terjadi akibat dari stress ini adalah munculnya jerawat di dagu.

Stres ini menyebabkan hormone yang tidak seimbang, seperti pada hormone androgen atau lainnya, yang memiliki peran mengendalikan minyak. Dengan begitu, bisa memunculkan minyak yang berlebih di area wajah, kemudian memicu kemunculan jerawat.

BACA JUGA:  Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah

Untuk itu perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil. Kendalikan diri agar tidak mudah stress. Selain itu menjaga pola tidur juga sangat penting, supaya kondisi tubuh tetap stabil.

3. Tidak Menyentuh Wajah Sembarangan

Wajah merupakan area yang sensitif. Dengan demikian, pastikan sebelum menyentuh wajah, kamu sudah mencuci tangan lebih dulu. Hal ini, supaya bakteri atau kotoran yang ada di tangan tidak menempel di wajah.

Tidak menyentuh wajah sembarangan, ketika sedang mengalami jerawat di dagu ataupun tidak. Apabila sedang mengalami jerawat, menyentuh wajah sembarangan bisa membuat semakin meradang.

Bahkan, agar jerawat bisa cepat hilang, hindari untuk memencet jerawat yang ada. Sebab, hal tersebut akan membuat wajah menjadi bopeng. Selain itu, bisa menimbulkan kemunculan jerawat baru lagi. Maka, sangat penting dalam menjaga wajah supaya tidak mudah tersentuh ketika tangan kotor.

4. Menggunakan Tabir Surya dan Produk Perawatan yang Tepat

Apabila seseorang lebih sering beraktivitas di luar ruangan, maka bisa menggunakan tabir surya. Dimana, tabir surya ini memiliki fungsi sebagai pelindung kulit ketika terpapar sinar matahari langsung. Penggunaan tabir surya cukup aman, jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, pastikan wajah tidak memiliki alergi terhadap bahan yang ada di tabir surya. Pastikan juga memilih tabir surya yang cocok pada kulit pengguna. Apabila bisa dihindari, maka lebih baik mengurangi paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan jerawat di dagu.

Meskipun sinar matahari ini penting bagi tubuh, tetapi jika waktu yang tidak tepat bisa akan merusak kulit. Selain itu, terlalu sering berada di luar ruangan tanpa adanya pelindung.

Maka, akan memicu hadirnya jerawat sebab akan banyak polusi, bakteri, debu dan lainnya yang menempel. Apabila hal itu dibiarkan maka akan membuat pori-pori tersumbat, lalu muncul jerawat.

Memilih produk kecantikan maupun perawatan pada kulit sangat penting. Supaya dapat menghindari munculnya jerawat di dagu. Sebaiknya, kenali kondisi dan jenis kulit wajah. Supaya nantinya bisa dengan mudah memilih produk mana yang cocok digunakan dengan baik.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Menjaga pola serta mengkonsumsi makanan yang sehat, akan membuat wajah tampak lebih segar dan sehat. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bisa memicu jerawat.

Misalnya saja terlalu banyak konsumsi makanan yang banyak minyak dan banyak gula. Maka, akan dapat dengan mudah jerawat yang ada di dagu muncul. Sebaiknya, perbanyak untuk makan buah serta sayur yang diiringi dengan pola makan yang baik.

Pada intinya, menjaga kebersihan menjadi hal utama dalam menjaga maupun menyembuhkan jerawat. Selain dengan kebersihan, pola hidup sehat juga penting dilakukan, supaya tidak memicu kondisi tubuh yang tidak stabil. Makan yang sehat, tidur cukup, serta rajin merawat diri, maka jerawat di dagu bisa sembuh dengan cepat.