Cara Mengatasi Jerawat di Bibir Bagian Dalam

Cara Mengatasi Jerawat Di Bibir Bagian Dalam
Source: bing.com

Jerawat di bibir bagian dalam adalah kondisi yang tidak menyenangkan. Kondisi ini menimbulkan rasa gatal dan peradangan pada daerah yang terkena. Jerawat di bibir bagian dalam juga bisa menyebabkan rasa sakit dan menjadi sumber kecemasan. Untungnya, ada cara untuk mencegah dan mengobati jerawat di bibir bagian dalam.

Apa Penyebab Jerawat di Bibir Bagian Dalam?

Jerawat di bibir bagian dalam disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab terbesar adalah produksi minyak berlebihan. Minyak ini menyumbat pori-pori di bibir bagian dalam, membuat bakteri berkembang dan menimbulkan peradangan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, menggunakan produk kosmetik berbasis minyak, atau menggunakan beberapa jenis lipstik.

Cara Mencegah Jerawat di Bibir Bagian Dalam

Anda bisa mengurangi risiko jerawat di bibir bagian dalam dengan cara:

  • Menjaga kebersihan mulut. Pastikan Anda rutin membersihkan bibir bagian dalam dengan menggunakan sikat gigi setelah makan atau minum.
  • Menggunakan produk kosmetik yang tepat. Produk kosmetik yang berbasis minyak dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi pastikan untuk memilih produk kosmetik dengan kandungan yang aman.
  • Mengkonsumsi makanan sehat. Makanan yang banyak mengandung gula dan lemak dapat meningkatkan produksi minyak di bibir bagian dalam. Jadi sebaiknya hindari makanan yang berlemak dan manis.
  • Menjaga kelembaban di bibir bagian dalam. Usahakan untuk menjaga kelembaban daerah ini dengan menggunakan pelembab atau balsem.
BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Bibir Kemaluan

Cara Mengobati Jerawat di Bibir Bagian Dalam

Untuk mengobati jerawat di bibir bagian dalam, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

  • Menggunakan obat jerawat. Krim atau salep yang mengandung benzoil peroksida bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan bakteri. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek.
  • Menggunakan obat antibiotik. Obat ini bisa membantu untuk mengurangi infeksi dan mengobati jerawat di bibir bagian dalam. Obat ini bisa didapatkan hanya dengan resep dokter.
  • Menggunakan alat laser. Alat ini bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak dan mengurangi peradangan. Pemakaian alat ini bisa dilakukan secara rutin di klinik kulit.

Cara Alami Mengobati Jerawat di Bibir Bagian Dalam

Selain menggunakan obat atau alat laser, Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk mengobati jerawat di bibir bagian dalam. Cara alami ini bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya jerawat. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan:

  • Memijat. Pijat bibir bagian dalam dengan lembut setelah membersihkan daerah ini. Pijatan bisa membantu untuk mengurangi kelebihan minyak.
  • Menggunakan bahan alami. Anda bisa menggunakan madu, lidah buaya, atau bahan alami lainnya untuk meredakan peradangan. Aplikasikan bahan alami ini pada bagian yang terkena jerawat selama 10-15 menit.
  • Menggunakan masker. Masker minyak zaitun atau masker jeruk bisa membantu untuk mengurangi produksi minyak dan meredakan peradangan.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jerawat di bibir bagian dalam biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi jika jerawat ini masih belum hilang setelah Anda mencoba cara di atas, maka sebaiknya Anda konsultasi ke dokter. Dokter ahli kulit bisa membantu Anda untuk mengobati jerawat ini dengan obat yang tepat.

BACA JUGA:  Hadalabo untuk Jerawat dan Berminyak

Kesimpulan

Jerawat di bibir bagian dalam adalah kondisi yang tidak menyenangkan. Kondisi ini menimbulkan rasa gatal dan peradangan pada daerah yang terkena. Untungnya, Anda bisa mencegah dan mengobati jerawat di bibir bagian dalam dengan menggunakan beberapa cara. Cara terbaik adalah dengan menjaga kebersihan dan menggunakan produk kosmetik yang tepat. Jika cara di atas tidak berhasil, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

VideoCara Mengatasi Jerawat di Bibir Bagian Dalam