Kerapkali Jerawat Mengintai di Belakang Telinga

Kerapkali Jerawat Mengintai Di Belakang Telinga
Source: bing.com

Jerawat di belakang telinga adalah masalah kulit yang kerapkali mengganggu. Jerawat di belakang telinga memang lebih jarang jika dibandingkan dengan jerawat pada bagian wajah, namun masalahnya tetaplah sama, yakni iritasi, gatal, dan rasa sakit. Bahkan, jerawat di area belakang telinga bisa menimbulkan perasaan malu dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab jerawat di belakang telinga dan cara untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Jerawat di Belakang Telinga?

Ada pelbagai penyebab jerawat di belakang telinga. Penyebab utama adalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat. Selain itu, paparan sinar matahari berlebihan, alergi terhadap produk kosmetik, dan bakteri propionibacterium acnes juga dapat menyebabkan jerawat di belakang telinga.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Belakang Telinga?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di belakang telinga. Pertama, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit, terutama area disekitar telinga. Selain itu, Anda perlu menerapkan rutinitas kulit yang tepat, menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan menghindari produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Selain itu, Anda juga harus menghindari paparan sinar matahari berlebihan dan berjemur di bawah sinar matahari yang terlalu lama. Selain itu, Anda juga harus menghindari stres, makan makanan sehat, dan istirahat cukup.

BACA JUGA:  Manfaat Nourish Skin untuk Jerawat

Cara Mengobati Jerawat di Belakang Telinga

Cara paling efektif untuk mengobati jerawat di belakang telinga adalah dengan melakukan perawatan medis. Perawatan medis ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi jerawat di belakang telinga, seperti obat topikal, antibiotik, dan retinoid. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan terapi kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan inflamasi. Beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di belakang telinga adalah dengan melakukan laser terapi, peeling kimia, dan peeling ultrasonik.

Tips Menghindari Jerawat di Belakang Telinga

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari jerawat di belakang telinga:

1. Bersihkan kulit secara teratur. Pastikan Anda melakukan perawatan kulit secara teratur dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Hindari paparan sinar matahari. Pastikan Anda tidak terlalu lama terkena sinar matahari dan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

3. Gunakan produk yang mengandung bahan-bahan alami. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan gunakan produk yang mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kulit.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat di Belakang Telinga Secara Alami?

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat di belakang telinga. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan masker alami. Anda dapat membuat masker alami dengan mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh air lemon, dan satu sendok teh yogurt. Aplikasikan campuran ini ke wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan air hangat dan garam. Campurkan satu sendok teh garam dalam satu gelas air hangat dan aduk hingga larut. Gunakan campuran ini untuk membilas area belakang telinga Anda, lakukan rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA:  Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat?

Cara Lain untuk Mengatasi Jerawat di Belakang Telinga

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan scrub alami untuk mengatasi jerawat di belakang telinga. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Aplikasikan campuran ini ke area belakang telinga Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Cara ini akan membantu untuk membersihkan kulit Anda dan mengatasi masalah jerawat di belakang telinga.

Kesimpulan

Jerawat di belakang telinga dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan rasa sakit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari perawatan medis hingga menggunakan cara alami. Penting untuk Anda menjaga kebersihan kulit, menerapkan rutinitas kulit yang tepat, dan menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

VideoKerapkali Jerawat Mengintai di Belakang Telinga