Jerawat di Anus, Apa yang Harus Dilakukan?

Jerawat Di Anus, Apa Yang Harus Dilakukan?
Source: bing.com

Jerawat di anus mungkin adalah salah satu yang paling tidak nyaman. Tidak hanya itu menyebabkan rasa sakit atau gatal, tetapi juga dapat menyebabkan rasa malu. Meskipun jarang, jerawat di anus dapat terjadi karena beberapa alasan. Namun, ada beberapa cara untuk mengobatinya dan menjaga agar tidak terjadi lagi.

Apa Itu Jerawat Di Anus?

Jerawat di anus adalah benjolan kecil yang muncul di sekitar daerah anus. Biasanya, jerawat di anus akan muncul di bawah kulit dan berwarna merah. Benjolan ini dapat menjadi sangat gatal dan menyebabkan rasa sakit. Benjolan ini juga dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Benjolan ini sering disebut sebagai protuberansi, karena mereka tampak seperti benjolan di kulit.

Apa Penyebab Jerawat Di Anus?

Jerawat di anus dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ini termasuk infeksi bakteri, jamur, atau virus. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan saat buang air besar atau menggunakan tisu yang tercemar. Jerawat di anus juga dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi kulit. Ini dapat disebabkan oleh kondisi seperti dermatitis alergi.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Di Anus?

Untuk mengobati jerawat di anus, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda harus menjaga kebersihan daerah anus. Ini termasuk membersihkan daerah tersebut dengan air dan sabun. Jika Anda menggunakan tisu, pastikan Anda mengganti celana dalam setiap hari dan jangan memakai tisu yang tercemar. Anda juga harus menggunakan sabun yang tidak menyebabkan iritasi. Jika Anda alergi terhadap sabun, cobalah menggunakan sabun hipoalergenik.

BACA JUGA:  Cara Agar Jerawat di Punggung Hilang Secara Alami

Kedua, Anda harus menggunakan obat yang disarankan dokter. Obat-obatan ini dapat berupa salep atau krim yang dapat digunakan untuk meredakan gatal atau sakit yang disebabkan oleh jerawat di anus. Obat-obatan ini juga dapat membantu menghilangkan infeksi bakteri atau jamur. Selain itu, Anda juga harus menggunakan obat antihistamin untuk mengurangi alergi. Jika Anda memiliki infeksi virus, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antivirus.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Di Anus?

Untuk mencegah jerawat di anus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda memiliki kebersihan yang baik. Cuci daerah anus dengan air dan sabun setelah buang air besar. Jika Anda menggunakan tisu, pastikan Anda mengganti celana dalam setiap hari dan gunakan tisu yang bersih dan tidak berceceran. Jika Anda alergi terhadap sabun, cobalah menggunakan sabun hipoalergenik.

Kedua, jauhkan daerah anus dari bahan kimia atau produk yang dapat menyebabkan iritasi. Ini termasuk produk kosmetik, sabun, tisu, dan pembalut. Jangan gunakan bahan kimia yang keras seperti deterjen untuk membersihkan daerah anus. Selain itu, hindari menggaruk daerah anus yang gatal. Garukan yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi dan meningkatkan risiko jerawat di anus.

Bagaimana Jika Jerawat Di Anus Tidak Sembuh?

Jika jerawat di anus masih belum sembuh setelah beberapa minggu, Anda harus segera mengunjungi dokter. Dokter akan memeriksa daerah anus dan mencari tahu apakah penyebabnya. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan yang lebih kuat jika diperlukan. Jika Anda memiliki infeksi bakteri atau jamur, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan antibiotik atau antijamur.

Kesimpulan

Jerawat di anus dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan malu. Meskipun jarang, ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau virus, atau iritasi kulit. Untuk mengobatinya, pastikan Anda membersihkan daerah anus dengan air dan sabun. Gunakan obat-obatan yang diresepkan dokter dan hindari produk yang dapat menyebabkan iritasi. Jika jerawat di anus masih belum sembuh setelah beberapa minggu, segera berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:  Jerawat Hilang Sendiri, Cara Mengatasinya Secara Alami

VideoJerawat di Anus, Apa yang Harus Dilakukan?