Jerawat Breakout dan Purging

Jerawat Breakout Dan Purging
Source: bing.com

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang umum terjadi di hampir semua orang. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya jerawat, seperti produk kosmetik, polusi, hormon, kurang tidur, stres, sampai kebersihan wajah yang kurang. Biasanya jerawat yang muncul umumnya adalah jerawat biasa yang memiliki ukuran kecil hingga sedang, namun ada kalanya jerawat yang muncul merupakan jerawat breakout dan purging.

Apa itu Jerawat Breakout dan Purging?

Jerawat breakout merupakan jerawat yang muncul secara tiba-tiba, biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat breakout biasanya muncul setelah kita menggunakan produk skincare atau mengalami stres berkepanjangan. Jerawat breakout ini tidak akan pergi dalam waktu yang singkat, bisa hingga beberapa hari atau bahkan seminggu. Dibandingkan dengan jerawat biasa, jerawat breakout ini juga lebih susah untuk disembuhkan.

Sedangkan purging adalah jerawat yang muncul karena kita menggunakan produk perawatan kulit baru. Biasanya jerawat purging ini akan muncul dalam waktu 2-6 minggu saat pertama kali menggunakan produk perawatan kulit baru. Meskipun terlihat seperti jerawat biasa, namun jerawat purging ini tidak akan pergi dalam waktu yang singkat seperti jerawat biasa.

Mengenali Perbedaan Jerawat Breakout dan Purging

Untuk mengenali perbedaan antara jerawat breakout dan purging, kita perlu mengetahui lokasi jerawat tersebut. Biasanya, jerawat purging akan muncul di lokasi yang sama setiap kali kita menggunakan produk perawatan kulit baru. Sementara jerawat breakout biasanya muncul di area yang berbeda setiap kali kita mengalami stres atau kurang tidur.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pecahin Jerawat

Selain itu, bentuk jerawat juga bisa memberikan petunjuk perbedaan antara jerawat breakout dan purging. Jerawat purging bisa berupa jerawat bernanah, berwarna merah, atau mengeluarkan cairan putih. Sedangkan jerawat breakout biasanya berupa jerawat bernanah atau berukuran sedang.

Cara Mengatasi Jerawat Breakout dan Purging

Untuk mengatasi jerawat breakout dan purging, kita perlu melakukan beberapa hal berikut:

1. Menjaga Kebiasaan Hidup Sehat

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga pola hidup sehat dengan tidur cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stress. Ini penting untuk mencegah jerawat breakout dan purging.

2. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Hal yang kedua adalah menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah 2 kali sehari dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Ini penting untuk mencegah terjadinya jerawat.

3. Mengurangi Penggunaan Produk Perawatan Kulit

Jika kamu mengalami jerawat purging, kamu harus mengurangi penggunaan produk perawatan kulit. Jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan kulit baru, seperti pelembab, serum, atau krim. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan lakukan tes patch dulu sebelum menggunakannya secara rutin.

4. Menggunakan Produk Perawatan yang Tepat

Selain itu, kamu juga harus menggunakan produk perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat breakout dan purging. Gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah jerawat. Bisa berupa toner, pelembab, atau krim pembersih wajah yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide.

5. Berobat ke Dokter

Jika jerawat breakout dan purging tidak kunjung sembuh, kamu juga bisa berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Dokter akan memberikan resep obat atau terapi lainnya yang sesuai dengan masalah jerawatmu.

BACA JUGA:  Apa Saja Obat Jerawat di Apotik yang Bisa Diminum?

Conclusion

Jerawat breakout dan purging merupakan masalah kulit yang mungkin bisa kamu alami. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan cara-cara tertentu. Kamu bisa menjaga kebiasaan hidup sehat, membersihkan wajah secara teratur, mengurangi penggunaan produk perawatan kulit, dan menggunakan produk perawatan yang tepat. Jika masih belum sembuh juga, kamu bisa berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

VideoJerawat Breakout dan Purging