Jerawat Besar dan Keras, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jerawat Besar Dan Keras, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang banyak dialami oleh banyak orang. Ada berbagai macam jenis jerawat, mulai dari jerawat kecil dan mudah hilang hingga jerawat besar dan keras yang susah hilang. Jerawat besar dan keras dapat muncul di bagian wajah, leher, punggung, dan bahkan dada. Selain bisa mengganggu penampilan, jerawat besar dan keras juga dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal. Artikel ini akan membahas mengenai jerawat besar dan keras, dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Jerawat Besar dan Keras

Jerawat besar dan keras biasanya disebabkan oleh komedo. Komedo adalah kumpulan sebum, kotoran, dan bakteri yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Komedo ini bisa dilihat sebagai bintik-bintik hitam pada wajah. Komedo ini juga bisa menjadi media pertumbuhan bakteri, yang menyebabkan infeksi di bagian pori-pori kulit. Infeksi ini akan menyebabkan jerawat berukuran lebih besar dan keras.

Selain komedo, masalah hormon juga bisa menyebabkan jerawat besar dan keras. Pada saat remaja, hormon dalam tubuh berubah-ubah, yang menyebabkan gangguan pada sistem kulit. Gangguan ini dapat menyebabkan jerawat besar dan keras.

Cara Mengatasi Jerawat Besar dan Keras

Mengatasi jerawat besar dan keras tidaklah mudah. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Produk seperti sabun jerawat, pelembab, dan toner dapat membantu dalam mengatasi jerawat besar dan keras. Cara ini aman dan tidak akan membuat kulit Anda iritasi. Pastikan untuk membeli produk yang tepat untuk jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Alkohol dan Jerawat: Apa Hubungannya?

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk obat jerawat yang tersedia di apotek. Produk obat jerawat ini terdiri dari krim, gel, atau obat tablet yang dapat membantu dalam mengobati jerawat besar dan keras. Namun, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk obat jerawat.

Terakhir, Anda juga bisa melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan. Di klinik kecantikan, Anda bisa memilih metode perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat besar dan keras. Metode ini dapat berupa pembersihan wajah, terapi laser, atau tindakan lainnya yang dapat membantu dalam mengurangi jerawat.

Tips Menghindari Jerawat Besar dan Keras

Selain mengatasi jerawat besar dan keras, Anda juga harus menghindari jerawat agar tidak muncul lagi. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menghindari jerawat:

  • Pastikan untuk menjaga kebersihan wajah dengan mencuci wajah setiap hari.
  • Jangan sentuh jerawat terlalu sering, karena dapat menyebabkan infeksi.
  • Jauhi produk yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda.
  • Jauhi sinar matahari langsung dengan menggunakan sunscreen.
  • Selalu mengganti handuk setelah Anda mandi.
  • Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Kesimpulan

Jerawat besar dan keras adalah masalah kulit yang banyak dialami oleh banyak orang. Penyebabnya biasanya disebabkan oleh komedo dan masalah hormon. Untuk mengatasi jerawat besar dan keras, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit, produk obat jerawat, atau melakukan perawatan di klinik kecantikan. Selain itu, Anda juga harus menghindari jerawat dengan cara menjaga kebersihan wajah, makan makanan yang sehat, dan menggunakan sunscreen. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

VideoJerawat Besar dan Keras, Bagaimana Cara Mengatasinya?