Jerawat Besar dan Bernanah

Jerawat Besar Dan Bernanah
Source: bing.com

Jerawat besar dan bernanah adalah salah satu masalah kulit yang cukup umum dan dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Jerawat besar dan bernanah dapat muncul pada semua orang tanpa memandang usia, jenis kelamin, ataupun ras. Meskipun demikian, masalah ini lebih sering terjadi pada remaja perempuan.

Penyebab Jerawat Besar dan Bernanah

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat besar dan bernanah. Faktor utama adalah produksi minyak berlebihan pada kulit. Minyak berlebihan dapat menyumbat pori-pori yang ada di kulit sehingga menyebabkan tersumbatnya saluran kelenjar sebum. Selanjutnya, bakteri yang ada di kulit akan memperbanyak diri dan mengakibatkan infeksi pada kulit.

Tanda dan Gejala Jerawat Besar dan Bernanah

Jerawat besar dan bernanah biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik merah, berukuran besar, di permukaan kulit. Bintik-bintik ini biasanya lebih tajam dibandingkan dengan jerawat lainnya. Biasanya, kulit akan terasa gatal dan ada rasa sakit pada bagian-bagian yang terkena infeksi. Selain itu, kulit juga dapat terlihat bengkak dan ada cairan berwarna kuning di bagian tengahnya.

Pengobatan Jerawat Besar dan Bernanah

Pengobatan untuk jerawat besar dan bernanah dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah antibiotik, obat peradangan, dan obat-obatan lain yang membantu mengurangi produksi minyak berlebihan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan anti-jerawat.

Penanganan di Rumah

Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga dapat melakukan beberapa hal di rumah untuk mengatasi jerawat besar dan bernanah. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membersihkan wajah setiap hari menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindari menggunakan produk yang mengandung minyak dan kurangi waktu Anda di bawah sinar matahari tanpa melindungi wajah terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Efek Samping

Pencegahan Jerawat Besar dan Bernanah

Untuk mencegah jerawat besar dan bernanah, Anda harus menjaga agar kulit tetap bersih dengan cara mencuci wajah setidaknya dua kali sehari. Selain itu, hindari juga menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung minyak, serta hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Jika Anda menggunakan produk perawatan wajah, pastikan produk tersebut cocok dengan jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat besar dan bernanah merupakan masalah kulit yang umum. Faktor utama yang menyebabkan jerawat ini adalah produksi minyak berlebihan, yang kemudian menyebabkan tersumbatnya saluran kelenjar sebum dan infeksi pada kulit. Pengobatan yang tersedia adalah obat-obatan, produk perawatan kulit, dan penanganan di rumah. Untuk mencegah jerawat ini, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit Anda dengan mencuci wajah secara rutin dan menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat besar dan bernanah merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Faktor utama yang menyebabkan jerawat ini adalah produksi minyak berlebihan, yang kemudian menyebabkan tersumbatnya saluran kelenjar sebum dan infeksi pada kulit. Pengobatan yang tersedia adalah obat-obatan, produk perawatan kulit, dan penanganan di rumah. Untuk mencegah jerawat ini, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit Anda dengan mencuci wajah secara rutin dan menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

VideoJerawat Besar dan Bernanah