Jerawat Bernanah, Apakah Ini Purging?

Jerawat Bernanah, Apakah Ini Purging?
Source: bing.com

Seringkali kita mendengar tentang jerawat bernanah, dan banyak orang yang menganggap hal ini merupakan purging. Purging adalah reaksi kulit pada produk perawatan kulit tertentu. Namun, apakah jerawat bernanah benar-benar merupakan purging? Mari kita bedah lebih lanjut.

Apa itu Jerawat Bernanah?

Jerawat bernanah adalah jenis jerawat yang menghasilkan nanah. Nanah adalah istilah umum untuk menggambarkan isi dari komedo atau kelenjar yang terinfeksi. Nanah dapat berupa cairan putih atau kuning yang berasal dari bakteri. Jerawat bernanah dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, seperti staphylococcus aureus. Biasanya, jerawat bernanah dapat terasa sakit dan menimbulkan rasa gatal.

Apakah Ini Purging?

Purging adalah reaksi kulit yang disebabkan oleh produk perawatan kulit tertentu. Ini terjadi ketika produk membantu mengeluarkan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti jerawat komedo atau jerawat bernanah. Namun, purging biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau gatal, sehingga mudah untuk membedakannya dari jerawat bernanah.

Cara Mengobati Jerawat Bernanah

Jika Anda memiliki jerawat bernanah, Anda harus mengunjungi dokter untuk melakukan diagnosis dan mendapatkan resep yang tepat. Obat yang biasanya diberikan adalah antibiotik, seperti krim atau obat oral. Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk menjaga kulit Anda bersih dan jangan menyentuhnya. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit tertentu untuk membantu mengobati jerawat bernanah, seperti toner, sabun muka, dan scrub.

BACA JUGA:  Stress Jerawat Tak Kunjung Sembuh

Cara Mencegah Jerawat Bernanah

Untuk mencegah jerawat bernanah, sebelumnya Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih. Anda harus membersihkan wajah Anda dengan sabun wajah setiap hari dan menggunakan toner setelahnya untuk menutup pori-pori dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Anda juga harus menjaga pola makan sehat dan menghindari merokok.

Apakah Purging Bisa Menyebabkan Jerawat Bernanah?

Ketika Anda mulai menggunakan produk perawatan kulit baru, Anda mungkin mengalami purging. Purging biasanya dapat menyebabkan munculnya jerawat komedo ringan, namun tidak akan menyebabkan jerawat bernanah. Hal ini karena jerawat bernanah disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi kelenjar minyak, dan purging tidak akan menyebabkan ini.

Kapan Harus Berhenti Menggunakan Produk Perawatan Kulit?

Jika Anda mengalami purging, Anda harus bersabar dan terus menggunakan produk perawatan kulit tersebut. Ini karena purging biasanya akan berakhir setelah beberapa minggu. Jika Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi kulit yang parah, Anda harus berhenti menggunakan produk perawatan kulit tersebut dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Kesimpulan

Meskipun jerawat bernanah dan purging memiliki gejala yang mirip, mereka berbeda satu sama lain. Jerawat bernanah disebabkan oleh infeksi bakteri, sementara purging disebabkan oleh produk perawatan kulit tertentu. Untuk mencegah jerawat bernanah, Anda harus memastikan untuk menjaga kulit Anda bersih dan sehat dengan cara menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai.

VideoJerawat Bernanah, Apakah Ini Purging?