Cara Mengatasi Jerawat Bengkak Tanpa Mata

Cara Mengatasi Jerawat Bengkak Tanpa Mata
Source: bing.com

Jerawat bengkak tanpa mata adalah jenis jerawat yang membuat orang merasa risih. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, tapi yang paling umum adalah karena minyak berlebih dan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori wajah. Jerawat bengkak tanpa mata yang tak tertangani dengan benar dapat meninggalkan bekas luka yang menyebabkan rasa malu dan kekurangan rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir, karena masalah ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang sederhana dan efektif.

1. Gunakan air hangat untuk melembutkan jerawat

Apa yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan air hangat untuk melembutkan jerawat bengkak tanpa mata anda. Ini akan membantu mengurangi kemerahan dan memungkinkan Anda untuk dengan lebih mudah menghilangkan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori. Anda bisa melakukan ini dengan cara menggunakan kain atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat atau dengan cara menambahkan beberapa tetes air hangat pada jerawat anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan wajah anda dengan air hangat.

2. Gunakan toner untuk mengurangi kemerahan

Setelah Anda menggunakan air hangat untuk melembutkan jerawat, Anda harus menggunakan toner untuk mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Ini akan membantu mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit yang teriritasi. Cara yang paling efektif untuk menggunakan toner adalah dengan menggunakan kapas. Basahi kapas dengan toner, lalu gunakan kapas untuk mengurangi kemerahan. Anda juga harus menghindari menggosok kulit Anda dengan kapas terlalu kuat, karena ini dapat memperburuk masalah.

BACA JUGA:  Masker Penghilang Bekas Jerawat Mustika Ratu

3. Gunakan es untuk mengurangi bengkak

Es dapat membantu mengurangi bengkak dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Ini juga membantu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh jerawat. Cara yang paling efektif untuk menggunakan es adalah dengan menggunakan kantong es atau tissue yang telah dibasahi dengan air dingin. Letakkan kantong es atau tissue pada jerawat selama beberapa menit, lalu bersihkan kulit Anda dengan air hangat.

4. Gunakan produk yang dirancang khusus untuk jerawat

Anda juga dapat menggunakan produk yang dirancang khusus untuk jerawat, seperti sabun jerawat, krim atau gel. Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan mengurangi bengkak yang disebabkan oleh jerawat. Namun, sebelum menggunakan produk ini, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan hati-hati dan menggunakannya sesuai dengan petunjuk. Jangan lupa untuk mencoba produk baru pada area kecil dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap produk tersebut.

5. Kurangi minum kopi dan alkohol

Mengurangi minum kopi dan alkohol juga dapat membantu mengurangi jerawat bengkak tanpa mata. Kopi dan alkohol dapat meningkatkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah Anda lebih berminyak, yang pada akhirnya memicu jerawat bengkak tanpa mata. Jika Anda sering minum kopi atau alkohol, cobalah untuk mengurangi asupan mereka untuk membantu mengurangi jerawat.

6. Gunakan sabun muka yang tepat

Menggunakan sabun muka yang tepat juga dapat membantu mengurangi jerawat bengkak tanpa mata. Sabun muka yang tepat akan membantu mengontrol minyak dan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori. Anda harus mencari sabun yang khusus untuk jerawat dan yang cocok dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk mencobanya pada area kecil wajah terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap sabun tersebut.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Puting dengan Cepat

7. Hindari menekan jerawat

Tentu saja, Anda harus menghindari dorongan untuk menekan jerawat bengkak tanpa mata anda. Ini dapat memperburuk masalah dan menyebabkan infeksi. Jika Anda merasa perlu untuk menghilangkan isi dari jerawat, cobalah untuk menggunakan teknik yang disebut “pembersihan wajah”. Teknik ini mencakup menggunakan jari yang bersih untuk melakukan gerakan lingkaran halus di sekitar jerawat untuk membantu menghilangkan isi dari jerawat.

8. Hindari cuaca panas dan lembab

Cuaca panas dan lembab juga dapat memicu jerawat bengkak tanpa mata. Jadi, cobalah untuk menghindari cuaca ekstrem seperti ini. Ini berarti Anda perlu menghindari lingkungan yang berdebu dan banyak asap rokok. Jika Anda perlu menghabiskan waktu di luar, pastikan untuk menggunakan tabir surya dan memakai topi untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari.

9. Makan makanan sehat dan kaya nutrisi

Jika Anda ingin mengurangi jerawat bengkak tanpa mata, Anda harus memastikan untuk makan makanan sehat dan kaya nutrisi. Makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kulit anda tetap sehat. Juga, cobalah untuk menghindari makanan berminyak, junk food, dan makanan manis, karena ini dapat memicu jerawat bengkak tanpa mata.

Kesimpulan

VideoCara Mengatasi Jerawat Bengkak Tanpa Mata