Penyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Penyebab Jerawat Bengkak Di Dalam Kulit
Source: bing.com

Jerawat bisa muncul di semua usia. Meskipun lebih sering terjadi pada remaja, ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Jerawat bengkak adalah jenis jerawat yang terasa nyeri dan juga dapat menimbulkan rasa gatal. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat bengkak di dalam kulit. Penyebab utamanya adalah produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Ini bisa dikarenakan hormon, stres atau pola makan yang tidak sehat.

Hormon sebagai Penyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Peningkatan hormon seperti testosteron, estrogen, dan androgen menyebabkan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea, yang menyebabkan jerawat bengkak di dalam kulit. Aktivitas hormon ini dapat meningkat selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Wanita yang menggunakan kontrasepsi atau obat-obatan lain yang mengandung hormon juga dapat mengalami jerawat bengkak karena kadar hormon yang berubah-ubah.

Stres Sebagai Penyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Stres juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Ini dapat menyebabkan jerawat bengkak di dalam kulit. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres berat lebih mungkin untuk mengalami jerawat. Jika Anda mengalami stres yang berkepanjangan, pastikan untuk mencari bantuan profesional untuk membantu Anda mengatasinya.

Pola Makan yang Tidak Sehat Sebagai Penyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea dan menyebabkan jerawat bengkak di dalam kulit. Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, seperti roti, makanan ringan, dan kue, dapat meningkatkan risiko jerawat. Makanan yang tinggi lemak juga dapat menyebabkan jerawat bengkak. Makanan yang mengandung banyak bahan kimia juga dapat menyebabkan jerawat bengkak.

BACA JUGA:  Kenali Jenis dan Penyebab Jerawat Sebum

Produk Kosmetik Sebagai Penyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Produk kosmetik yang digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat bengkak di dalam kulit. Produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti alkohol dan minyak berlebihan dapat menyebabkan produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Pembersih wajah yang keras atau abrasif juga dapat menyebabkan iritasi dan jerawat bengkak. Pastikan untuk memilih produk kosmetik yang aman dan cocok untuk jenis kulit Anda.

Penyebab Lain Jerawat Bengkak di Dalam Kulit

Beberapa penyebab lain jerawat bengkak di dalam kulit adalah infeksi bakteri, alergi, obat-obatan tertentu, kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis, dan masalah sistem pencernaan. Jika Anda merasa jerawat Anda disebabkan oleh salah satu hal di atas, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Bengkak di Dalam Kulit?

Keracunan jerawat adalah masalah umum yang banyak dialami. Untuk mengatasinya, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Jika Anda mengalami jerawat bengkak di dalam kulit, pastikan untuk menghindari produk kosmetik berbahaya, mengikuti pola makan yang sehat, dan melakukan latihan relaksasi untuk mengurangi stres. Jika Anda masih belum dapat mengatasi jerawat Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka akan dapat memberikan saran yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Kesimpulan

Jerawat bengkak di dalam kulit dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebasea. Penyebabnya bisa disebabkan oleh hormon, stres, pola makan yang tidak sehat, produk kosmetik, infeksi bakteri, alergi, obat-obatan tertentu, kondisi kulit tertentu, dan masalah sistem pencernaan. Untuk mengatasi jerawat bengkak di dalam kulit, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Anda harus menghindari produk kosmetik berbahaya, mengikuti pola makan yang sehat, dan melakukan latihan relaksasi untuk mengurangi stres. Jika masalah Anda belum dapat diatasi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Minum Air Putih

VideoPenyebab Jerawat Bengkak di Dalam Kulit