Mengenal Jerawat Bawaan Hamil

Mengenal Jerawat Bawaan Hamil
Source: bing.com

Jerawat bawaan hamil adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jerawat yang muncul selama masa kehamilan. Meskipun jerawat ini tidak selalu terjadi pada semua wanita hamil, namun lebih dari 50% wanita hamil mengalami jerawat ini pada siang hari. Jerawat ini biasanya muncul karena perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya bagi ibu hamil, namun masih perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Jerawat bawaan hamil biasanya muncul di bagian wajah, leher, dada dan punggung. Jerawat ini biasanya berupa bintik-bintik berwarna merah-coklat dan berukuran kecil. Karena jerawat ini disebabkan oleh perubahan hormon, maka jerawat ini biasanya muncul pada masa kehamilan trimester pertama. Namun, beberapa wanita hamil juga mengalami jerawat pada trimester kedua dan ketiga. Gejala lain yang terkait dengan jerawat bawaan hamil adalah ruam kulit, ruam popok, dan ruam seluruh tubuh.

Penyebab Jerawat Bawaan Hamil

Penyebab utama jerawat bawaan hamil adalah perubahan hormon dalam tubuh. Saat hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, peningkatan kadar hormon juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan ruam popok. Beberapa wanita hamil juga mengalami masalah kulit lain seperti ruam, keringat berlebih, dan masalah kulit lainnya.

Selain perubahan hormon, faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat bawaan hamil adalah pola makan. Makanan yang tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit. Makanan yang tinggi karbohidrat juga dapat menyebabkan jerawat. Beberapa wanita hamil juga mengalami jerawat karena penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit mereka.

BACA JUGA:  Proses Timbulnya Jerawat

Bagaimana Mengatasi Jerawat Bawaan Hamil?

Mengatasi jerawat bawaan hamil tidak mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Pertama, usahakan untuk menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci wajah Anda dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan yang dapat membuat wajah Anda berminyak. Juga, Anda harus menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

Kedua, hindari stres. Stres dapat memperburuk masalah jerawat Anda. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk menjaga tingkat stres Anda tetap rendah. Anda juga dapat mencoba berbagai teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, dan lainnya untuk membantu mengendalikan stres. Selain itu, cobalah untuk menjaga pola tidur yang baik dan menghindari kebiasaan merokok.

Ketiga, cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Beberapa produk kosmetik khusus untuk wanita hamil dapat membantu mengurangi masalah jerawat. Anda juga dapat mencoba beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Obat-obatan ini termasuk minyak zaitun, minyak biji anggur, dan minyak jojoba.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Meskipun jerawat bawaan hamil biasanya tidak berbahaya, namun Anda masih harus berhati-hati. Jika Anda mengalami jerawat yang sangat berlebihan atau memiliki beberapa gejala lain seperti pembengkakan wajah atau kulit yang berubah warna, segera hubungi dokter Anda. Jangan ragu untuk berobat ke dokter jika Anda merasa ada masalah dengan jerawat Anda.

Kesimpulan

Jerawat bawaan hamil adalah istilah untuk jerawat yang muncul selama masa kehamilan. Penyebab utama jerawat ini adalah perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menjaga kebersihan kulit, menghindari stres, dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Jika Anda mengalami jerawat yang berlebihan atau memiliki gejala lainnya, segera hubungi dokter Anda.

BACA JUGA:  Jenis-Jenis Jerawat di Muka

VideoMengenal Jerawat Bawaan Hamil