Jerawat Batu Tak Kempes, Begini Cara Mengatasinya

 Jerawat Batu Tak Kempes, Begini Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami. Kondisi ini disebabkan oleh pengumpulan sebum yang berlebih di dalam saluran kelenjar minyak, yang menyebabkan pembentukan nanah, dan bisa menyebabkan jerawat batu. Jerawat batu ini terutama menyerang wajah dan leher, namun dapat juga muncul di punggung dan seluruh tubuh. Terlepas dari lokasi, jerawat batu ini sangat menyebalkan karena jika tidak ditangani dengan benar maka bisa membuat bekas yang permanen.

Apa yang Menyebabkan Jerawat Batu?

Jerawat batu disebabkan oleh pengumpulan sebum di dalam saluran kelenjar minyak. Kondisi ini menyebabkan saluran kelenjar minyak tersumbat dan bakteri yang menyebabkan infeksi pun tumbuh di sana. Jerawat batu juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti produk kosmetik berbasis minyak, kontaminasi lingkungan, hormon dan beberapa jenis makanan.

Gejala yang Ditimbulkan oleh Jerawat Batu

Gejala yang paling umum yang ditimbulkan oleh jerawat batu adalah bintik-bintik merah yang menyakitkan pada wajah dan leher. Bintik-bintik tersebut akan berubah menjadi benjolan yang berisi nanah dan bisa menjadi sangat nyeri. Terkadang, jerawat batu juga akan berubah menjadi komedo atau kista yang dapat menimbulkan rasa sakit bila tekanan diberikan. Pada kondisi yang parah, terkadang dapat menyebabkan bekas bila tidak ditangani dengan benar.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan obat-obatan dan produk kosmetik yang bisa membantu mengurangi produksi sebum dan mengontrol infeksi. Produk-produk ini berupa krim, obat salep, dan obat oral yang dapat dibeli di apotik. Selain itu, pengobatan alami juga dapat dicoba untuk mengatasi jerawat batu. Produk-produk alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, madu, dan lain-lain dapat membantu dalam mengurangi infeksi dan menenangkan kulit.

BACA JUGA:  Cari Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Jerawat? Ini Rekomendasi Terbaiknya

Perawatan Jerawat Batu Di Klinik Kecantikan

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengunjungi klinik kecantikan untuk mengatasi jerawat batu. Di sana, Anda bisa mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari para profesional kulit. Perawatan yang paling umum yaitu laser terapi, peeling kimia, dan terapi sinar. Dengan cara-cara tersebut, Anda bisa merasakan hasil yang lebih cepat dan lebih efektif dalam mengatasi jerawat batu.

Menghindari Jerawat Batu Dengan Perawatan Rutin

Jika Anda ingin menghindari jerawat batu, maka Anda harus melakukan perawatan rutin. Sebaiknya gunakan produk kosmetik yang tidak mengandung minyak, karena minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat batu. Selain itu, hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung gula tinggi dan karbohidrat. Pastikan juga untuk membersihkan wajah secara rutin dan gunakan produk pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Jaga Tubuh Anda Dengan Konsumsi Vitamin

Anda juga dapat mencegah jerawat batu dengan menjaga tubuh Anda agar tetap sehat. Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin yang sangat baik untuk kulit adalah vitamin A, C, dan E. Vitamin A akan membantu memperbaiki kulit yang rusak, vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, dan vitamin E membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

Kesimpulan

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami. Gejala yang ditimbulkan oleh jerawat batu adalah bintik-bintik merah dan benjolan berisi nanah yang menyakitkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat-obatan dan produk kosmetik, atau berkonsultasi kepada dokter kulit. Selain itu, Anda juga harus menerapkan perawatan rutin untuk mencegah jerawat batu, dan menjaga tubuh dengan konsumsi vitamin yang tinggi.

BACA JUGA:  Apakah Jerawat Nanah Bisa Hilang Sendiri?

VideoJerawat Batu Tak Kempes, Begini Cara Mengatasinya