Cara Mengatasi Jerawat Batu di Sekitar Mata

Cara Mengatasi Jerawat Batu Di Sekitar Mata
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sebuah pori kulit tersumbat. Biasanya berupa benjolan yang berisi nanah, namun tidak terasa sakit. Jerawat batu seringkali muncul di bagian wajah, termasuk di sekitar mata. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan wajah terlihat tidak menarik, namun juga dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi jerawat batu di sekitar mata.

1. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Salah satu cara mengatasi jerawat batu di sekitar mata adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Perawatan kulit bisa berupa sabun wajah, toner, pelembab, serta produk lainnya. Gunakan produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Selain itu, pastikan juga untuk tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Gunakan produk yang mengandung bahan alami, seperti minyak zaitun atau minyak jojoba.

2. Jerawat Batu di Sekitar Mata Bisa Disembuhkan dengan Obat

Jika Anda memiliki jerawat batu di sekitar mata yang tidak kunjung sembuh dengan cara alami, Anda bisa mencoba untuk mengobatinya dengan obat. Obat jerawat bisa berupa obat luar atau obat dalam. Obat luar berupa salep yang bisa Anda aplikasikan pada kulit yang berjerawat. Sedangkan obat dalam berupa obat-obatan tertentu yang bisa Anda gunakan jika jerawat batu di sekitar mata sudah menjadi parah.

BACA JUGA:  Apakah Jerawat Akan Pecah Sendiri?

3. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah juga bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi jerawat batu di sekitar mata. Masker wajah bisa berupa masker bubuk, masker kertas, atau masker cair. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda, sehingga dapat menyegarkan kulit secara alami. Masker wajah dapat menyegarkan kulit, sekaligus menghilangkan jerawat batu di sekitar mata.

4. Gunakan Es

Es juga bisa menjadi cara efektif untuk mengobati jerawat batu di sekitar mata. Caranya, ambil sepotong es dan letakkan di bagian yang berjerawat. Es akan membantu mengurangi kemerahan dan infeksi pada kulit wajah, sekaligus mengurangi rasa gatal pada kulit. Gunakan es selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

5. Gunakan Masker Alami

Selain menggunakan masker wajah, Anda juga bisa menggunakan masker alami untuk mengatasi jerawat batu di sekitar mata. Beberapa masker alami yang bisa Anda gunakan adalah masker susu, masker madu, masker beras, masker mentimun, dan masker alpukat. Gunakan masker alami ini secara rutin selama sekitar 15-20 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Hindari Merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terkena jerawat. Kandungan zat kimia di dalam asap rokok dapat merusak kulit, sehingga menyebabkan jerawat batu di sekitar mata. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari merokok untuk mencegah jerawat batu di sekitar mata.

7. Berpikir Positif

Kebiasaan berpikir positif juga bisa membantu mengatasi jerawat batu di sekitar mata. Jika Anda berpikir positif, maka Anda akan dengan mudah menerima dan menghadapi masalah jerawat tanpa putus asa. Dengan berpikir positif, Anda akan lebih mudah untuk mencari solusi atas masalah jerawat batu di sekitar mata.

BACA JUGA:  Memilih Bedak Padat untuk Menutupi Bekas Jerawat

8. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang bergizi agar kulit tetap sehat dan tidak mudah terkena masalah jerawat. Makanan yang bisa dikonsumsi adalah sayuran, buah-buahan, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak. Jangan lupa untuk minum juga cukup air putih selama sehari.

9. Berolahraga

Berolahraga juga bisa membantu mengatasi jerawat batu di sekitar mata. Olahraga dapat membantu mengurangi stres, sehingga mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Aktifitas olahraga yang direkomendasikan adalah jogging, bersepeda, atau jalan-jalan di taman.

10. Beristirahat yang Cukup

Kurang tidur juga dapat menyebabkan jerawat batu di sekitar mata. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam. Ini akan membantu kulit Anda untuk beristirahat dan bernapas, sehingga dapat menjaga kulit tetap sehat. Cobalah untuk tidur sekitar 8 jam setiap malam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kesimpulan

Jerawat batu di sekitar mata bukanlah masalah yang mudah diatasi. Namun, dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda bisa mencegah dan mengobati jerawat batu di sekitar mata. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat, konsumsi makanan sehat, lakukan olahraga, serta beristirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

VideoCara Mengatasi Jerawat Batu di Sekitar Mata