Pengobatan Jerawat Batu di Punggung

Pengobatan Jerawat Batu Di Punggung
Source: bing.com

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang terletak di punggung dan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Jerawat batu terbentuk ketika saluran kelenjar minyak tertutup dan membentuk bintik hitam. Bintik hitam ini kemudian menjadi infeksi dan menyebabkan jerawat berisi nanah di punggung. Jerawat batu dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan kadang-kadang menyebabkan ruam kulit.

Penyebab Jerawat Batu di Punggung

Penyebab jerawat batu di punggung bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat batu di punggung meliputi: minum minuman beralkohol, merokok, kurang tidur, stres, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya olahraga. Beberapa penyebab lainnya adalah alergi obat-obatan, alergi makanan, infeksi jamur, dan kulit kering. Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh kulit yang terlalu rewel dan pakaian yang kurang nyaman.

Gejala Jerawat Batu di Punggung

Gejala jerawat batu di punggung meliputi bintik-bintik hitam di punggung, ruam kulit, dan kadang-kadang gatal, rasa sakit, dan ruam merah. Bintik hitam ini biasanya berbentuk seperti jerawat biasa, tetapi dapat juga menjadi benjolan kecil yang berisi nanah. Benjolan ini biasanya berisi nanah, dan dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal.

Pengobatan Jerawat Batu di Punggung

Pengobatan jerawat batu di punggung bergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya disebabkan oleh alergi, maka dokter mungkin meresepkan obat antihistamin atau steroid topikal. Jika penyebabnya disebabkan oleh infeksi, dokter mungkin meresepkan antibiotik topikal atau antibiotik oral. Beberapa pengobatan lain yang dapat membantu mengurangi jerawat batu di punggung meliputi pembersihan kulit, pelembab kulit, exfoliasi, dan pemakaian masker wajah.

BACA JUGA:  Harga Acne Salep Jerawat Terbaru

Cara Pencegahan Jerawat Batu di Punggung

Untuk mencegah jerawat batu di punggung, Anda harus menjaga kebersihan kulit, mengatur pola makan sehat, dan menghindari rokok dan alkohol. Anda juga harus menghindari kontak dengan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi. Jika Anda mengalami jerawat batu di punggung, hindari gesekan dengan bahan-bahan yang dapat merusak kulit. Anda juga harus menjaga kelembaban kulit Anda dengan sering menggunakan pelembab dan menghindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat.

Perawatan Jerawat Batu di Punggung

Untuk mengatasi jerawat batu di punggung, Anda harus menghilangkan nanah yang ada dalam bentuk benjolan. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter. Anda juga harus menjaga agar kulit tetap bersih dengan menggunakan pembersih kulit yang direkomendasikan oleh dokter. Anda juga harus sering menggunakan pelembab dan menghindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Anda harus segera berobat ke dokter jika jerawat batu di punggung Anda berlangsung lebih dari 2 minggu. Anda juga harus berobat ke dokter jika jerawat batu di punggung Anda disertai dengan demam atau rasa sakit yang hebat. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda mengalami infeksi bakteri atau jamur yang memerlukan pengobatan lebih lanjut.

Kesimpulan

Jerawat batu di punggung adalah jenis jerawat yang berisi nanah dan dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, dan ruam kulit. Penyebab jerawat batu di punggung meliputi minum minuman beralkohol, merokok, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya olahraga. Pengobatan jerawat batu di punggung bergantung pada penyebabnya dan dapat berupa obat antihistamin, obat steroid, atau antibiotik. Untuk mencegah jerawat batu di punggung, Anda harus menjaga kebersihan kulit, mengatur pola makan sehat, dan menghindari rokok dan alkohol. Jika Anda mengalami jerawat batu di punggung yang berlangsung lebih dari 2 minggu atau disertai dengan demam atau rasa sakit yang hebat, segeralah berobat ke dokter.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat di Perut

VideoPengobatan Jerawat Batu di Punggung