Jerawat Batu di Pipi: Apa yang Bisa Anda Lakukan?

Jerawat Batu Di Pipi: Apa Yang Bisa Anda Lakukan?
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum ditemui. Mereka biasanya dapat dilihat di wajah, paling sering di pipi. Jerawat batu terlihat seperti bintik-bintik putih berbentuk kuning kecoklatan. Mereka terlihat lebih besar dari jerawat biasa, tetapi lebih kecil dari jerawat memar.

Jerawat batu biasanya disebabkan oleh minyak berlebihan dan sel kulit mati yang tertahan di pori-pori. Ini menyebabkan infeksi di kulit, yang menyebabkan jerawat. Jerawat batu juga dapat disebabkan oleh hormon, stres, alergi, dan ketidakseimbangan kimia tubuh.

Kebanyakan orang berusaha menghilangkan jerawat batu sendiri. Namun, ini tidak selalu efektif. Jerawat batu dapat menjadi sulit diatasi dan sering kali membutuhkan bantuan profesional. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu di pipi Anda:

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah jerawat batu. Anda harus membersihkan wajah Anda dua kali sehari, menggunakan sabun atau pembersih khusus wajah. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah membersihkan wajah Anda. Ini akan membantu mencegah infeksi di kulit.

2. Menghindari Produk Berminyak

Produk berminyak seperti bedak, foundation, krim malam, dan pelumas bibir dapat menyebabkan jerawat batu. Mereka dapat memblokir pori-pori, menyebabkan minyak berlebihan dan kulit berminyak. Hindari menggunakan produk berminyak di wajah, atau coba cari produk yang dirancang khusus untuk pemilik kulit berjerawat.

3. Menggunakan Obat Jerawat

Jika Anda memiliki jerawat batu yang tidak hilang dengan cara-cara di atas, mungkin saatnya Anda mencoba obat jerawat. Obat jerawat yang paling umum adalah obat krim dan tablet. Obat krim biasanya dioleskan langsung ke wajah, sementara obat tablet harus diminum. Kedua cara dapat membantu mengurangi jerawat batu, tetapi dapat membutuhkan waktu hingga beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

BACA JUGA:  Jenis Jerawat yang Boleh Dipencet

4. Menghindari Stres

Stres dapat menyebabkan jerawat batu. Cobalah untuk menghindari stres dan rutin melakukan latihan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berjalan di taman. Ini akan membantu mengurangi stres dan mencegah jerawat batu.

5. Menjaga Kelembaban Wajah

Kelembaban wajah yang baik dapat membantu mencegah jerawat batu. Gunakan pelembab yang dirancang khusus untuk pemilik kulit berjerawat. Ini akan membantu membuat kulit Anda tetap lembab dan mengurangi risiko jerawat batu.

6. Berobat ke Dokter

Jika Anda tidak dapat mengatasi jerawat batu dengan cara-cara di atas, mungkin saatnya Anda berobat ke dokter. Dokter dapat menentukan penyebab jerawat batu Anda dan meresepkan obat yang tepat untuk mengatasinya. Obat-obatan yang diberikan dapat berupa obat krim, tablet, atau injeksi.

Kesimpulan

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum. Mereka biasanya dapat dilihat di wajah, paling sering di pipi. Untuk mengatasi jerawat batu di pipi Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti menjaga kebersihan wajah, menghindari produk berminyak, menggunakan obat jerawat, menghindari stres, menjaga kelembaban wajah, dan berobat ke dokter. Jika Anda mengalami masalah jerawat batu, pastikan untuk meminta bantuan profesional.

VideoJerawat Batu di Pipi: Apa yang Bisa Anda Lakukan?