Jerawat Batu di Bawah Mata, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jerawat Batu Di Bawah Mata, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang cukup membuat kita merasa jengkel. Jerawat batu di bawah mata adalah salah satu bentuk jerawat yang paling menyebalkan. Jerawat ini cenderung muncul di sekitar mata, di sekitar pipi, di bawah mata, dan di sekitar bibir. Banyak orang tidak menyadari bahwa jerawat batu di bawah mata dapat menjadi sangat menyakitkan. Oleh karena itu, di sini kita akan membahas cara mengobati jerawat batu di bawah mata.

Apa Itu Jerawat Batu?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kulit mengalami infeksi. Sebuah benjolan kecil akan tumbuh di bawah kulit dan menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Namun, peradangan tersebut tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, karena benjolan tersebut tersembunyi di bawah kulit.

Apa Penyebab Jerawat Batu di Bawah Mata?

Jerawat batu di bawah mata dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, kulit sensitif yang terkena sinar matahari atau alergen tertentu. Kedua, produksi minyak berlebihan. Ketiga, infeksi bakteri atau jamur. Keempat, masalah hormon. Kelima, benda asing yang terjebak di kulit. Dan terakhir, debu dan kotoran yang menempel di sekitar mata.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Bawah Mata

Untuk mengatasi jerawat batu di bawah mata, pertama-tama Anda harus mengidentifikasi penyebabnya. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan jerawat, Anda dapat mencari cara untuk mengurangi atau menghilangkan gejala. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Menghindari paparan sinar matahari terlalu lama.
  • Menjaga kebersihan kulit sekitar mata.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai.
  • Mencari bantuan medis jika masalah jerawat batu di bawah mata semakin berat.
BACA JUGA:  Apa Obat Jerawat di Punggung?

Cara Pencegahan Jerawat Batu di Bawah Mata

Untuk mencegah jerawat batu di bawah mata, Anda harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Bersihkan kulit secara teratur. Mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari.
  • Jangan menggunakan kosmetik berlebihan. Jika Anda menggunakan make up, pastikan untuk selalu menghapusnya sebelum tidur.
  • Jangan menggunakan produk dengan bahan kimia yang kuat.
  • Jangan menggaruk atau mencubit jerawat.
  • Jangan menggunakan handuk yang keras dan kasar untuk membersihkan wajah.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak.
  • Kurangi paparan sinar matahari.

Kapan Harus Berobat?

Jika Anda merasa bahwa masalah jerawat batu di bawah mata Anda semakin berat, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan Anda beberapa resep obat atau saran perawatan kulit yang tepat untuk Anda. Resep obat yang diberikan oleh dokter dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat batu di bawah mata Anda.

Penutup

Jerawat batu di bawah mata dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus segera mengidentifikasi penyebabnya dan mencari cara untuk mengatasinya. Anda juga harus berhati-hati dalam menjaga kebersihan kulit, mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari paparan sinar matahari terlalu lama. Jika masalahnya semakin berat, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

VideoJerawat Batu di Bawah Mata, Bagaimana Cara Mengatasinya?