Cara Mengatasi Jerawat Batu Besar yang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Jerawat Batu Besar Yang Paling Ampuh
Source: bing.com

Jerawat batu besar merupakan jenis jerawat yang paling sulit untuk dihilangkan. Jerawat ini sangat mengganggu karena dapat menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan dan juga berisiko meninggalkan bekas luka yang berupa cekungan ataupun bercak-bercak. Untuk itu, kamu harus tahu cara mengatasi jerawat batu besar yang paling ampuh agar jerawat batu besar tidak mengganggu kecantikan wajahmu lagi.

Apa Itu Jerawat Batu Besar?

Jerawat batu besar adalah jenis jerawat yang lebih parah dari jerawat biasa. Biasanya jerawat batu besar berwarna merah tua dan berbentuk bengkak yang mengandung nanah. Jerawat batu besar akan menimbulkan rasa sakit dan juga berisiko meninggalkan bekas luka yang berupa cekungan ataupun bercak-bercak. Penyebab jerawat batu besar ini adalah kelebihan minyak di kulit, debu, serta bakteri yang menempel di pori-pori kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Batu Besar

1. Gunakan Masker Kulit. Pemakaian masker kulit dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Masker kulit dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan bakteri dari kulit sehingga jerawat batu besar tidak terbentuk. Gunakan masker kulit 2-3 kali seminggu.

2. Jangan Menggosok Wajah. Menggosok wajah akan menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Ketika kamu menggosok wajah, kotoran dan bakteri akan tersumbat di pori-pori kulit sehingga dapat memicu jerawat batu besar.

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit. Gunakan produk perawatan kulit yang berkualitas seperti krim jerawat, pelembab, ataupun toner. Krim jerawat dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori, sedangkan pelembab dan toner dapat membantu melembabkan dan merawat kulit agar tetap sehat.

BACA JUGA:  Jeruk Nipis dan Jerawat Perih: Cara Aman untuk Menghilangkan Jerawat

4. Gunakan Obat Herbal. Obat herbal seperti teh hijau, minyak zaitun, ataupun rosehip oil dapat membantu mengurangi jerawat batu besar. Gunakan minyak zaitun untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, dan gunakan teh hijau dan rosehip oil untuk meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan tekstur kulit.

5. Pergi ke Dokter. Jika kamu sudah mencoba berbagai cara di atas dan hasilnya masih belum memuaskan, segeralah pergi ke dokter. Dokter akan memberikan perlakuan dan obat-obatan yang tepat untuk mengatasi jerawat batu besar.

Tips Menghindari Jerawat Batu Besar

1. Bersihkan Wajah. Bersihkan wajahmu setiap hari dengan menggunakan cleanser yang tepat untuk jenis kulitmu. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari. Menggunakan air hangat akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit. Gunakan produk perawatan kulit yang berkualitas dan tepat untuk jenis kulitmu. Pemakaian produk yang tepat juga akan membantu mencegah timbulnya jerawat batu besar di wajah.

3. Hindari Makanan Berlemak dan Minuman Beralkohol. Makanan berlemak dan minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit, sehingga berisiko tersumbatnya pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat batu besar.

4. Jangan Menggosok Wajah. Jangan menggosok wajah dengan kuat, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Jangan juga menyentuh wajahmu terlalu sering, karena hal ini dapat menyebabkan bakteri tersumbat di pori-pori kulit.

5. Gunakan Sunblock. Gunakan sunblock setiap kali berada di bawah sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit, sehingga berisiko tersumbatnya pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat batu besar.

Kesimpulan

Kamu harus tahu cara mengatasi jerawat batu besar yang paling ampuh agar kulitmu tetap sehat dan tampak bersih. Pemakaian masker kulit, produk perawatan kulit, obat herbal, dan juga berkonsultasi ke dokter dapat membantu mengatasi jerawat batu besar. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah, menghindari makanan berlemak dan minuman beralkohol, dan juga menggunakan sunblock agar terhindar dari jerawat batu besar.

BACA JUGA:  Apakah AHA Bisa Menghilangkan Jerawat?

VideoCara Mengatasi Jerawat Batu Besar yang Paling Ampuh