Jerawat Aktif: Apa itu?

Jerawat Aktif: Apa Itu?
Source: bing.com

Jerawat aktif adalah masalah kulit yang sering dialami oleh orang yang berusia antara 12 dan 24 tahun. Gejala utamanya adalah munculnya bintik-bintik merah yang berisi nanah atau kotoran di wajah, leher, dada, punggung, dan lengan. Bahkan, jerawat aktif juga dapat menyebabkan peradangan, gatal-gatal, dan rasa sakit. Inilah alasan mengapa jerawat aktif sering disebut sebagai masalah kulit yang menyebalkan.

Penyebab Jerawat Aktif

Jerawat aktif terjadi karena sel-sel kulit mati yang tersumbat di dalam pori-pori dan folikel rambut. Biasanya, kulit bisa melepaskan sel-sel kulit mati dengan sendirinya, tetapi jika Anda memiliki jerawat aktif, kulit tidak bisa melakukannya. Sel-sel kulit mati tersumbat dan menyebabkan pembesaran pori-pori dan folikel rambut, serta menghasilkan minyak berlebih yang mengakibatkan iritasi dan peradangan.

Faktor Risiko Terjadinya Jerawat Aktif

Sebagian besar orang berusia 12-24 tahun memiliki jerawat aktif, tetapi beberapa faktor lain juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalaminya. Beberapa faktor risiko yang perlu dipertimbangkan antara lain: produk kosmetik berminyak, kulit berminyak, stres, hormon, dan infeksi bakteri. Faktor lingkungan juga dapat memainkan peran, jadi pastikan untuk menjaga kebersihan wajah Anda.

Gejala Jerawat Aktif

Gejala utama jerawat aktif adalah munculnya bintik-bintik merah di wajah, leher, dada, punggung, dan lengan. Beberapa gejala lain yang dapat dipengaruhi oleh jerawat aktif antara lain: gatal-gatal, ruam, bengkak, dan rasa sakit.

Pengobatan Jerawat Aktif

Kebanyakan orang yang menderita jerawat aktif dapat dengan mudah mengobatinya dengan menggunakan produk khusus jerawat. Biasanya, produk ini mengandung zat aktif yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, meredakan peradangan, dan menghilangkan bintik-bintik merah. Namun, jika Anda memiliki jerawat yang parah, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

BACA JUGA:  Jerawat? Berikut Adalah Rekomendasi Saleb Terbaik yang Bisa Kamu Coba!

Cara Mencegah Jerawat Aktif

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat aktif. Cara terbaik adalah dengan menjaga kebersihan wajah Anda dengan teratur. Jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda setiap pagi dan malam dengan sabun wajah lembut yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Anda juga harus menghindari produk kosmetik berminyak, serta menjaga pola makan dan tidur yang sehat.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Terkadang, jerawat aktif dapat diselesaikan dengan produk khusus jerawat. Namun, jika jerawat Anda masih belum hilang meskipun telah menggunakan produk tersebut, maka Anda harus segera berobat ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan kulit dan menentukan terapi yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Jerawat aktif adalah masalah kulit yang sering dialami oleh orang berusia antara 12 dan 24 tahun. Gejala utamanya adalah munculnya bintik-bintik merah yang berisi nanah atau kotoran di wajah, leher, dada, punggung, dan lengan. Faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalaminya antara lain: produk kosmetik berminyak, kulit berminyak, stres, hormon, dan infeksi bakteri. Untuk mencegah jerawat aktif, Anda harus menjaga kebersihan wajah dengan teratur, menghindari produk kosmetik berminyak, dan menjaga pola makan dan tidur yang sehat. Jika Anda memiliki jerawat parah, maka segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

VideoJerawat Aktif: Apa itu?