Jenis Jerawat yang Susah Hilang

Jenis Jerawat Yang Susah Hilang
Source: bing.com

Jerawat memang salah satu masalah yang banyak dialami oleh orang-orang. Terutama pada remaja yang tengah mengalami masa pubertas. Tidak hanya itu, jerawat juga bisa menyerang orang dewasa dan bayi. Jerawat adalah masalah yang lumrah, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan munculnya perasaan malu. Beragam cara dan metode telah dicoba untuk menghilangkan jerawat, mulai dari produk kosmetik, obat-obatan, hingga perawatan rumah sakit. Namun, apakah semua jenis jerawat bisa dihilangkan?

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh orang. Kejadiannya terjadi ketika sebuah kantung minyak tersumbat dengan kotoran dan sel kulit mati. Bila kantung minyak tersebut terinfeksi bakteri, timbulnya jerawat merah dan bengkak. Jerawat bisa muncul di wajah, leher, punggung, bahu, dan bagian tubuh lainnya. Kebanyakan orang mengalaminya pada saat pubertas, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Jenis-jenis Jerawat

Ada beberapa jenis jerawat yang berbeda-beda yang bisa dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk dan jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang biasa dialami oleh orang:

  • Whiteheads, jerawat jenis ini biasa disebut dengan istilah “komedo tertutup” yaitu jerawat yang berukuran kecil, berbentuk bundar dan memiliki warna putih di bagian atasnya.
  • Blackheads, disebut juga dengan istilah “komedo terbuka”. Berbeda dengan whiteheads, blackheads memiliki warna hitam di bagian atasnya dan berukuran lebih besar.
  • Pimples, jerawat jenis ini biasa disebut dengan istilah “bintil-bintil”. Pimples biasanya berukuran kecil dan berwarna merah. Biasanya muncul pada wajah, leher dan punggung.
  • Pustules, disebut juga dengan istilah “komedo berbintik”. Pustules memiliki bentuk yang hampir sama dengan pimples, namun berbeda pada warna di bagian atasnya. Pustules memiliki warna kuning atau kemerahan.
  • Cysts, jerawat jenis ini adalah bentuk jerawat yang paling parah. Cysts biasanya berukuran besar, berwarna merah dan dapat menyebabkan rasa sakit pada kulit.
BACA JUGA:  Apakah Minum Kunyit Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jenis Jerawat yang Susah Hilang

Semua jenis jerawat dapat dihilangkan dengan cepat dan mudah jika ditangani dengan benar. Namun ada beberapa jenis jerawat yang cenderung lebih susah untuk hilang. Jenis jerawat yang susah hilang biasanya adalah jenis cysts. Cysts biasanya memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih dalam dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat jenis ini juga memiliki rasa sakit dan memerlukan perawatan yang lebih intensif.

Penyebab Jerawat yang Susah Hilang

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat susah hilang. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Kurang menjaga kebersihan kulit. Tidak menjaga kebersihan kulit bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran dan sel kulit mati di dalam pori-pori.
  • Kurangnya nutrisi. Nutrisi penting untuk kulit agar terlihat sehat dan bersinar. Kurangnya nutrisi dalam tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam, yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat.
  • Stres. Kondisi stres yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya jerawat.
  • Kembalinya jerawat. Jerawat yang sudah sembuh bisa muncul kembali jika kondisi kulit tidak dijaga dengan baik.

Cara Mengatasi Jerawat yang Susah Hilang

Untuk mengatasi jerawat yang susah hilang, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Menjaga kebersihan kulit. Dengan menjaga kebersihan kulit dengan baik, maka kotoran dan sel kulit mati tidak akan menumpuk di dalam pori-pori.
  • Menggunakan produk kosmetik yang sesuai. Sebelum menggunakan produk kosmetik, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis kulit Anda. Hal ini penting untuk menghindari produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Menghindari stres. Stres bisa menyebabkan munculnya jerawat, oleh karena itu sebaiknya hindari kondisi stres yang berlebihan.
  • Menggunakan produk obat jerawat. Untuk jerawat yang lebih parah, Anda bisa menggunakan produk obat jerawat yang bisa didapatkan di apotek.
  • Pergi ke dokter. Untuk jerawat yang lebih parah, Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
BACA JUGA:  Apakah Jagung Bisa Membuat Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh orang. Ada berbagai jenis jerawat yang bisa dialami, namun ada beberapa jenis jerawat yang cenderung lebih susah hilang. Penyebab jerawat yang susah hilang antara lain kurangnya kebersihan kulit, kurangnya nutrisi, stres dan kembalinya jerawat. Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang sebaiknya diikuti, diantaranya menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk kosmetik yang sesuai, menghind

VideoJenis Jerawat yang Susah Hilang