Memahami Jenis Jerawat yang Dapat Menyebabkan Bopeng

Memahami Jenis Jerawat Yang Dapat Menyebabkan Bopeng
Source: bing.com

Meskipun jerawat dapat menyerang siapa pun, beberapa jenis jerawat lebih berpotensi menyebabkan bopeng. Bopeng adalah bekas luka yang tersisa setelah jerawat sembuh. Bopeng biasanya terlihat seperti kulit yang membengkak atau kulit yang memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis jerawat yang dapat menyebabkan bopeng dan cara untuk mencegahnya.

Jenis Jerawat yang Menyebabkan Bopeng

Jerawat komedo adalah jenis jerawat yang paling umum. Biasanya berupa jerawat kecil yang berwarna hitam atau putih. Komedo disebabkan oleh minyak dan kotoran yang tertangkap di pori-pori kulit. Jerawat komedo biasanya menghasilkan bopeng jika ditekan atau diusap terlalu keras. Oleh karena itu, penting untuk tidak mencoba untuk menghilangkan jerawat komedo dengan cara yang tidak aman.

Jerawat nodulokistik, juga dikenal sebagai jerawat nodul, adalah jerawat yang lebih besar dan lebih berbahaya. Jerawat ini terdiri dari bintik-bintik kecil yang berisi nanah. Biasanya berwarna merah atau coklat. Jerawat nodulokistik berpotensi menyebabkan bopeng karena kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika jerawat ini tidak diobati dengan benar, dapat menyebabkan bekas luka yang lebih parah.

Jerawat cystik adalah jerawat yang paling berbahaya. Biasanya berupa benjolan kecil yang terasa sakit ketika disentuh. Jerawat cystik berisi nanah yang berwarna kuning atau putih. Jerawat cystik berpotensi menyebabkan bopeng karena dapat menyebabkan luka jaringan kulit yang lebih dalam. Jerawat ini juga dapat menyebabkan infeksi bakteri yang lebih parah.

Cara Mencegah Bopeng

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bopeng. Pertama, pastikan untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering. Bersihkan wajah Anda secara teratur dengan produk khusus untuk kulit berminyak. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah Anda membersihkan wajah Anda. Ini akan membantu melembutkan kulit dan memperlambat produksi minyak.

BACA JUGA:  Serum Untuk Bekas Jerawat Pie

Kedua, jangan pernah menggaruk atau menekan jerawat Anda. Tekanan yang terlalu kuat dapat menyebabkan luka bakar di sekitar jerawat, yang dapat menyebabkan bopeng. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat Anda, gunakan metode yang aman seperti menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk jerawat.

Ketiga, perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang mengandung banyak minyak, gula, dan garam dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah Anda dan menyebabkan jerawat. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih.

Kapan Harus Berobat ke Dokter

Jika Anda mengalami jerawat yang berlanjut dan tidak memberikan hasil, Anda mungkin perlu berobat ke dokter. Dokter akan dapat memberikan obat-obatan tertentu untuk mengobati jerawat Anda. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah infeksi bakteri. Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bopeng.

Kesimpulan

Mengerti jenis jerawat yang dapat menyebabkan bopeng dan cara mencegahnya adalah penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih. Usahakan untuk membersihkan wajah Anda secara teratur dengan produk khusus untuk kulit berminyak. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat dan menghindari menggaruk atau menekan jerawat. Jika Anda masih mengalami masalah jerawat yang berlanjut, hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan.

VideoMemahami Jenis Jerawat yang Dapat Menyebabkan Bopeng