Jenis Jerawat Pustula

Jenis Jerawat Pustula
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dijumpai. Kebanyakan orang mengalami jerawat selama masa remaja, tetapi jerawat juga dapat muncul pada usia dewasa. Jerawat dapat berupa beberapa jenis, termasuk pustula. Jenis jerawat pustula adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum, berbahaya, dan sulit untuk disembuhkan.

Apa Itu Jerawat Pustula?

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang terbentuk akibat infeksi bakteri. Biasanya, kulit terkena infeksi akibat komedo berminyak. Komedo berminyak adalah jenis komedo yang terbentuk akibat penumpukan sebum, kotoran, dan kulit mati di pori-pori kulit. Bakteri Staphylococcus aureus biasanya menginfeksi pori-pori tersebut, menyebabkan gelembung kecil yang berisi nanah disebut pustula.

Tanda-Tanda Jerawat Pustula

Tanda-tanda jerawat pustula adalah bintik-bintik merah kecil yang berisi cairan atau nanah. Setiap bintik tersebut akan menjadi gelembung yang berisi nanah berwarna putih atau kuning. Pustula biasanya terasa gatal dan nyeri ketika disentuh. Selain itu, jerawat pustula juga dapat menyebabkan peradangan di sekitar kulit. Beberapa tanda lainnya termasuk ruam, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Pustula?

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang sulit untuk disembuhkan. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan produk kulit yang khusus untuk mengatasi jerawat pustula, seperti produk yang mengandung benzoil peroksida, salisil asam, atau produk yang mengandung asam alpha hidroksi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk kosmetik yang khusus untuk mengatasi jerawat pustula, seperti pembersih wajah, toner, dan pelembab. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk obat yang dianjurkan oleh dokter, seperti krim antibiotik atau obat sistemik.

BACA JUGA:  Manfaat Serum Sariayu untuk Jerawat

Apa Saja Risiko Jerawat Pustula?

Jerawat pustula dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berpotensi serius. Komplikasi tersebut meliputi infeksi lebih lanjut, luka bakar, jaringan parut, dan peradangan yang berkepanjangan. Selain itu, jerawat pustula juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti depresi, trauma, dan tekanan emosional. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda jerawat pustula dan mencari bantuan medis segera jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut.

Cara Mencegah Jerawat Pustula

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya jerawat pustula. Yang pertama adalah dengan membersihkan wajah Anda secara teratur. Gunakan produk kulit yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan bersihkan wajah Anda setidaknya 2 kali sehari. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti produk kulit yang Anda gunakan secara berkala. Anda juga harus menghindari stres dan pola makan yang tidak sehat untuk membantu mencegah jerawat pustula.

Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Medis?

Jika jerawat pustula Anda tidak membaik dalam waktu yang cukup lama, atau jika Anda mengalami komplikasi serius, segera cari bantuan medis. Anda dapat menemui dokter kulit atau ahli kulit untuk mendapatkan diagnosa dan mengetahui pengobatan yang tepat untuk jerawat pustula Anda. Dokter atau ahli kulit dapat memberikan obat-obatan yang lebih kuat untuk mengatasi jerawat pustula, seperti antibiotik atau obat sistemik.

Kesimpulan

Jenis jerawat pustula adalah jenis jerawat yang paling umum, berbahaya, dan sulit untuk disembuhkan. Tanda-tandanya adalah bintik-bintik merah kecil yang berisi cairan atau nanah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan produk kulit yang khusus untuk mengatasi jerawat pustula. Selain itu, Anda juga harus mencegahnya dengan membersihkan wajah secara teratur dan menghindari stres dan pola makan yang tidak sehat. Jika jerawat pustula Anda tidak membaik dalam waktu yang cukup lama, atau jika Anda mengalami komplikasi serius, segera cari bantuan medis.

BACA JUGA:  Bedak Tabur Khusus Jerawat, Solusi Dari Masalah Jerawat

VideoJenis Jerawat Pustula