Jenis Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Jenis Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu, juga dikenal sebagai jerawat keloidalis nuchae, adalah jenis jerawat yang terbentuk dari kelenjar minyak yang tersumbat. Biasanya, jerawat batu disebabkan oleh pemakaian produk rambut yang terlalu berminyak, seperti wax, gel, dan pomade. Gejala yang paling umum dari jerawat batu adalah bintil-bintil kecil yang merah dan gatal di sekitar leher dan tengkuk. Ini adalah jenis jerawat yang mudah terserang dan akan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman jika tidak diobati secara tepat.

Apa yang Menyebabkan Jerawat Batu?

Jerawat batu disebabkan oleh pemakaian produk rambut berminyak, seperti wax, gel, dan pomade. Pemakaian produk ini dapat menyebabkan pori-pori di sekitar leher dan tengkuk tersumbat dengan kotoran dan minyak. Ini akan menyebabkan infeksi dan pembentukan jerawat batu di area tersebut.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Batu?

Pengobatan umum untuk jerawat batu adalah krim antibiotik, seperti eritromisin atau erythromycin. Krim ini dapat membantu menghilangkan bintil-bintil kecil yang terbentuk dari jerawat batu. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan krim steroid yang membantu mengurangi gatal dan menghilangkan jerawat batu. Pemakaian produk rambut berminyak juga harus dihindari. Jika Anda masih menggunakan produk tersebut, pastikan untuk membersihkan rambut Anda teratur sehingga tidak terjadi penyumbatan pori-pori.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Batu Berubah Menjadi Jerawat Keloidalis?

Jika jerawat batu tidak diobati dengan benar, maka jerawat batu dapat berubah menjadi jerawat keloidalis. Ini adalah jenis jerawat yang lebih parah dibandingkan jerawat batu. Jerawat keloidalis ditandai dengan luka yang meradang dan gatal di sekitar leher dan tengkuk. Pada tahap ini, Anda harus segera melakukan pengobatan dengan krim steroid. Jika pengobatan itu tidak membantu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Manfaat Masker Jagung Manis untuk Jerawat

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Batu?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat batu, yaitu:

  • Hindari penggunaan produk rambut berminyak seperti wax, gel, dan pomade.
  • Pastikan Anda membersihkan rambut Anda dengan baik setiap hari.
  • Gunakan sabun yang lembut untuk membersihkan rambut Anda.
  • Hindari stres dan jaga pola makan yang sehat.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Batu Telah Muncul?

Jika Anda sudah melihat bintil-bintil jerawat batu di leher dan tengkuk Anda, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dokter akan meresepkan krim antibiotik atau krim steroid, tergantung pada kondisi Anda. Jangan lupa untuk menghindari pemakaian produk rambut berminyak dan pastikan Anda membersihkan rambut Anda secara teratur.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai jenis jerawat batu dan cara mengatasinya. Jika Anda mengalami jerawat batu, segeralah berobat agar jerawat batu tidak berubah menjadi jerawat keloidalis. Jangan lupa untuk mencegah jerawat batu dengan cara menghindari pemakaian produk rambut berminyak dan membersihkan rambut Anda secara teratur. Sekian dan terima kasih.

VideoJenis Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya