Jenis-Jenis Jerawat di Muka

Jenis-Jenis Jerawat Di Muka
Source: bing.com

Jerawat ataupun yang biasa disebut dengan komedo adalah salah satu keluhan kulit yang umum dialami oleh hampir semua orang. Biasanya jerawat ini muncul di wajah, leher, punggung, dan dada. Walaupun seringkali menjadi masalah yang mengganggu, kamu bisa mengatasinya dengan benar dan tepat.

Ada berbagai jenis jerawat yang berbeda, setiap jenis memiliki cara pengobatan yang berbeda pula. Berikut ini adalah ulasan tentang jenis-jenis jerawat yang bisa kamu temui di wajah.

1. Jerawat Berminyak

Jerawat berminyak atau yang biasa disebut dengan komedo adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum dijumpai. Komedo biasanya berwarna hitam karena terkena oksidasi dari udara. Komedo biasanya terbentuk di daerah yang menghasilkan minyak dan kotoran, seperti di sekitar hidung dan dahi.

Untuk mengatasi komedo ini, kamu perlu menjaga kebersihan wajah secara rutin. Pastikan kamu selalu membersihkan wajah dengan sabun wajah yang bersih dan tidak berminyak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan scrub atau masker wajah untuk membersihkan kulit.

2. Jerawat Bintik-Bintik

Jerawat bintik-bintik ini biasanya terlihat seperti bintik-bintik kecil dengan pinggiran yang menonjol. Jerawat bintik-bintik ini disebabkan oleh minyak berlebihan di dalam kulit dan bakteri yang berkembang di dalamnya. Hal ini biasanya dapat terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk terbaik yang bisa membersihkan kulit secara maksimal. Produk tersebut harus mengandung kandungan bahan alami yang efektif untuk mengurangi minyak berlebih di kulit. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan wajah secara rutin.

BACA JUGA:  6 Buah yang Dapat Melegakan Jerawat

3. Jerawat Batu

Jenis jerawat yang satu ini biasanya berupa benjolan yang berwarna merah dan memiliki isi nanah. Jerawat batu seringkali terjadi di bagian wajah yang rentang, seperti di pipi dan leher. Jerawat batu ini juga dapat menyebabkan nyeri saat disentuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida sebagai bahan aktif. Produk ini bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat batu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk scrub wajah untuk membersihkan pori-pori wajah dan mencegah jerawat batu.

4. Jerawat Meradang

Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang dianggap lebih serius daripada jenis lainnya. Jerawat meradang ini dapat membuat kulit menjadi meradang dan berwarna merah. Biasanya jerawat meradang ini disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam pori-pori wajah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung antibiotik atau kortikosteroid. Produk ini dapat membantu membersihkan jerawat meradang dan mencegah infeksi yang lebih parah. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan wajah secara rutin dan hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

5. Jerawat Pasir

Jerawat pasir ini adalah jenis jerawat yang berupa benjolan kecil yang umumnya berwarna putih atau kuning. Jerawat pasir ini biasanya muncul di bagian wajah yang banyak menghasilkan minyak, seperti di sekitar hidung dan dahi. Jerawat pasir ini biasanya disebabkan oleh kulit yang kering dan kotor.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung minyak zaitun atau minyak alpukat. Produk ini bisa membantu melembabkan kulit dan mencegah jerawat pasir. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan scrub wajah secara teratur untuk membersihkan kulit dan mencegah jerawat pasir.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis jerawat yang bisa kamu temui di wajah. Untuk mencegah dan mengobati jerawat, kamu bisa menggunakan produk yang bisa membersihkan kulit secara maksimal dan pastikan kamu selalu menjaga kebersihan wajah secara rutin.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Susu Dancow

VideoJenis-Jenis Jerawat di Muka