Jenis-Jenis Jerawat dan Penyebabnya

Jenis-Jenis Jerawat Dan Penyebabnya
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang. Meskipun lebih umum terjadi pada remaja, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Jerawat dapat berupa beberapa jenis, mulai dari jerawat biasa hingga jerawat parah. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami jenis-jenis jerawat dan penyebabnya.

Jenis-Jenis Jerawat

Kebanyakan orang mengenal jerawat biasa. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum, biasanya terjadi pada wajah, dada, dan punggung. Jerawat biasa ditandai dengan ruam kulit berbentuk bintik-bintik kecil atau bintik-bintik berwarna merah. Jerawat biasa juga dapat terjadi pada kulit yang sensitif.

Selain jerawat biasa, ada juga jerawat parah. Jerawat parah ditandai dengan ruam kulit yang lebih parah dan lebih berbahaya. Ini umumnya terjadi di wajah, dada, dan punggung. Jerawat parah dapat menyebabkan masalah kulit seperti lubang, benjolan, dan bahkan luka bakar. Jerawat parah juga dapat menyebabkan masalah percaya diri dan depresi.

Terakhir, ada jenis jerawat lain yang disebut jerawat nodular. Ini adalah jerawat yang lebih parah dari jerawat biasa. Jerawat nodular ditandai dengan bintik-bintik kecil yang meradang dan berwarna merah. Ini biasanya terjadi di wajah, dada, dan punggung.

Penyebab Jerawat

Sebelum Anda dapat mengatasi jerawat, penting untuk mengetahui penyebabnya. Penyebab utama jerawat adalah kelebihan minyak di kulit. Kelebihan minyak dapat menyumbat saluran kelenjar minyak, menyebabkan bintik-bintik merah di wajah, dada, dan punggung. Selain itu, penyebab lain jerawat adalah infeksi bakteri dan kulit kering.

Kelebihan minyak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab utama kelebihan minyak adalah produk perawatan kulit yang salah. Penggunaan produk yang terlalu banyak atau produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

BACA JUGA:  Perawatan Wajah dengan Verile Buat Bekas Jerawat

Kulit kering juga dapat menyebabkan jerawat. Kulit kering dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol atau produk yang terlalu kering. Kulit kering juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Cara Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk yang mengandung minyak atau alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak atau kering. Jadi, sebaiknya hindari produk tersebut.

Kedua, hindari paparan sinar matahari terlalu lama. Paparan sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan iritasi. Jadi, sebaiknya hindari paparan sinar matahari berlebihan.

Ketiga, gunakan masker wajah. Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi kelebihan minyak di kulit. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu melembapkan kulit Anda.

Terakhir, hindari stres. Stres dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Jadi, cobalah untuk menjaga stres Anda tetap rendah. Jika Anda merasa stres, cobalah untuk berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk mengurangi stres Anda.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang. Meskipun lebih umum terjadi pada remaja, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami jenis-jenis jerawat dan penyebabnya. Ada beberapa jenis jerawat, seperti jerawat biasa, jerawat parah, dan jerawat nodular. Penyebab utama jerawat adalah kelebihan minyak di kulit. Untuk menghilangkan jerawat, Anda harus memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, hindari paparan sinar matahari terlalu lama, gunakan masker wajah, dan hindari stres.

BACA JUGA:  Perbedaan Jerawat Detox dan Breakout

VideoJenis-Jenis Jerawat dan Penyebabnya