Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis-Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Semua orang pasti pernah mengalami jerawat di wajah mereka, baik pada umur remaja maupun dewasa. Jerawat merupakan penyakit yang bisa menyebabkan masalah kulit berupa bintik-bintik berwarna merah, kemerahan, bahkan bekas luka di wajah. Meskipun tidak menular, jerawat bisa sangat mengganggu bagi penderitanya dan membuat mereka tidak merasa percaya diri.

Kondisi jerawat ini diklasifikasikan berdasarkan jenis dan tingkatannya. Beberapa jenis yang paling umum adalah jerawat batu, jerawat pasir, jerawat bernanah, dan jerawat kronis. Selain itu, ada juga jerawat komedo dan jerawat hormon. Masing-masing jenis jerawat memerlukan perawatan yang berbeda. Bagi Anda yang sedang mengalami jerawat, berikut adalah informasi lengkap tentang jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya.

1. Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika saluran kelenjar minyak terhambat dan membengkak. Hal ini menyebabkan bintik-bintik merah yang keluar dari kulit. Jerawat batu biasanya ditemukan di bagian wajah, leher, dan punggung. Biasanya, jerawat batu diakibatkan oleh kulit berminyak, pori-pori tersumbat, hormon, polusi, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok.

Untuk mengatasi jerawat batu, Anda dapat mencoba berbagai produk perawatan kulit. Produk yang berbahan dasar salicylic acid atau benzoyl peroxide dapat membantu mengatasi jerawat batu. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk alami seperti aloe vera, minyak zaitun, atau masker tomat. Masker yang berbahan dasar minyak dan tepung juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah.

BACA JUGA:  Manfaat Obat Jerawat Wayang untuk Pengobatan Jerawat

2. Jerawat Pasir

Jerawat pasir terjadi ketika kelenjar minyak dalam kulit tersumbat oleh sebum atau debu. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh hormon, stres, atau polusi. Jerawat pasir biasanya berupa bintik-bintik kecil di wajah yang disertai rasa gatal dan perih. Untuk mengatasi jerawat pasir, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid. Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, minyak zaitun, atau madu.

3. Jerawat Bernanah

Jerawat bernanah adalah jenis jerawat yang paling berbahaya. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar minyak. Jerawat bernanah biasanya berupa bintik-bintik merah yang tumbuh di wajah dan bisa berkembang menjadi benjolan yang terasa nyeri. Untuk mengatasi jerawat bernanah, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide, retinol, atau antibiotik topikal.

Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang mengandung bahan alami seperti kunyit, madu, atau air perasan lemon. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teh hijau untuk mengurangi peradangan di wajah. Anda dapat menggunakan teh hijau sebagai masker atau dapat menggunakannya sebagai obat penyegar yang dioleskan di wajah.

4. Jerawat Kronis

Jerawat kronis adalah jenis jerawat yang paling serius. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan hormon yang tidak terkontrol. Jerawat kronis terjadi ketika bintik-bintik hitam dan merah yang terbentuk di wajah, leher, dan punggung. Biasanya, jerawat kronis lebih sulit untuk diatasi daripada jenis lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid. Anda juga dapat menggunakan produk alami seperti minyak zaitun, aloe vera, atau madu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang mengandung bahan alami seperti tepung gandum, oatmeal, atau bubuk kunyit. Masker ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mencerahkan kulit wajah.

BACA JUGA:  Obat Penghilang Bekas Jerawat Hitam

5. Jerawat Komedo

Jerawat komedo adalah jenis jerawat yang paling umum. Kondisi ini terjadi ketika pori-pori di wajah tersumbat oleh minyak dan kotoran. Jerawat komedo biasanya berupa bintik-bintik hitam yang muncul di wajah. Untuk mengatasi jerawat komedo, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau retinoid. Produk ini dapat membantu membersihkan pori-pori wajah dan mencegah jerawat komedo.

Anda juga dapat menggunakan produk alami seperti minyak zaitun, air lemon, atau madu. Masker wajah yang mengandung bahan alami seperti oatmeal, tepung gandum, atau bubuk kunyit juga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah dan mencegah timbulnya jerawat komedo.

6. Jerawat Hormon

Jerawat hormon adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh kondisi hormon yang tidak terkontrol. Biasanya, jerawat hormon terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa pubertas atau menopause. Jerawat hormon biasanya muncul di wajah, leher, dan punggung. Untuk mengatasi jerawat hormon, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung retinoid atau benzoyl peroxide. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk alami seperti minyak zaitun,

VideoJenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya