Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis Bekas Jerawat Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat dapat menyebabkan bekas di kulit. Bekas jerawat adalah luka yang ditinggalkan setelah jerawat sembuh. Bekas jerawat bisa berupa merah, hitam, atau coklat. Bekas jerawat dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan merusak penampilan. Untungnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegah penampilan bekas jerawat di wajah.

Jenis Bekas Jerawat

Bekas jerawat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kemerahan, gelap, dan coklat. Kemerahan adalah bentuk bekas jerawat yang paling umum. Biasanya, bekas jerawat kemerahan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun jika tidak, Anda dapat menggunakan perawatan kulit untuk mempercepat proses penyembuhan. Gelap adalah jenis bekas jerawat yang lebih sulit untuk disembuhkan dan sering menjadi masalah kosmetik. Bekas jerawat gelap dapat muncul jika kulit Anda terlalu cepat terbuka sebelum jerawat sembuh. Coklat adalah jenis bekas jerawat yang paling sulit untuk dihilangkan. Bekas jerawat coklat dapat muncul jika Anda melakukan eksfoliasi berlebihan atau menggunakan produk kulit yang terlalu keras.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Pertama, Anda dapat menggunakan produk kulit yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan bekas jerawat. Produk ini biasanya mengandung bahan seperti retinol, asam salisilat, atau asam glikolat yang dapat membantu mencerahkan bekas jerawat. Kedua, Anda dapat menggunakan peeling kulit. Peeling kulit dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan kulit. Ketiga, Anda dapat menggunakan laser untuk menghilangkan bekas jerawat. Laser dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan energi sinar yang dipancarkan ke kulit untuk menghilangkan lapisan kulit yang rusak. Keempat, Anda dapat menggunakan pengobatan krim topikal. Krim topikal terutama yang mengandung bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau retinol, dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Mengkudu untuk Jerawat

Tips Mengatasi Bekas Jerawat

Selain menggunakan produk kulit atau pengobatan medis, Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah atau menghilangkan bekas jerawat. Pertama, Anda harus menjaga agar kulit tetap bersih dan sehat. Jauhkan wajah dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung. Kedua, hindari menggosok atau menekan jerawat. Ini akan membuat bekas jerawat lebih parah. Ketiga, hindari menggunakan produk berbahaya seperti pemutih wajah. Produk ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat bekas jerawat lebih parah. Keempat, lakukan peeling kulit secara teratur. Peeling kulit akan membantu membersihkan kulit dari sel-sel mati dan mengurangi bekas jerawat.

Perawatan Medis untuk Bekas Jerawat

Jika cara-cara di atas tidak berhasil menghilangkan bekas jerawat, Anda dapat mencoba perawatan medis. Beberapa perawatan medis yang dapat Anda coba antara lain laser, terapi cahaya, injeksi kortikosteroid, dan terapi peeling kimia. Laser dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan mengurangi bekas jerawat. Terapi cahaya dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mengurangi kantung mata. Injeksi kortikosteroid digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bekas jerawat. Terapi peeling kimia dapat membantu membersihkan kulit dari sel-sel mati dan mencerahkan kulit.

Kesimpulan

Bekas jerawat dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan merusak penampilan. Bekas jerawat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kemerahan, gelap, dan coklat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti menggunakan produk kulit, peeling kulit, laser, dan pengobatan krim topikal. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dan hindari menggosok atau menekan jerawat. Jika cara-cara di atas tidak berhasil menghilangkan bekas jerawat, Anda dapat mencoba perawatan medis seperti laser, terapi cahaya, injeksi kortikosteroid, dan terapi peeling kimia.

BACA JUGA:  Gambar Jenis-jenis Jerawat

VideoJenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya