Infeksi Jerawat Bengkak: Apa yang Harus Dilakukan?

Infeksi Jerawat Bengkak: Apa Yang Harus Dilakukan?
Source: bing.com

Jerawat adalah hal yang biasa terjadi bagi orang-orang di seluruh dunia. Mereka dapat muncul di wajah, punggung, atau di bagian tubuh lainnya. Meskipun jerawat biasa, mereka masih dapat menjadi sangat mengganggu. Salah satu masalah yang paling umum dengan jerawat adalah infeksi jerawat bengkak.

Infeksi jerawat bengkak adalah jerawat yang berbentuk bengkak, berisi nanah, dan umumnya disertai dengan gatal dan sakit. Mereka dapat muncul di wajah, leher, punggung, atau di bagian tubuh lainnya. Infeksi jerawat bengkak biasanya disebabkan oleh bakteri yang menempel pada kulit, dan mereka menyebabkan kulit menjadi berair dan meradang.

Ketika Anda mengalami infeksi jerawat bengkak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. Pertama, pastikan untuk menjaga kulit Anda bersih. Bersihkan daerah yang terkena jerawat dengan air hangat dan sabun ringan. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit, seperti krim atau bedak, pastikan untuk memilih produk yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Jangan lupa untuk mencuci wajah Anda setiap hari dan menghindari menggaruk jerawat.

Kedua, gunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan seperti antibiotik topikal atau retinoid dapat membantu mengurangi infeksi dan menyembuhkan jerawat. Jika Anda memiliki jerawat yang parah, Anda mungkin juga harus mengambil antibiotik oral untuk mengurangi infeksi. Jangan pernah menggunakan obat-obatan yang Anda beli di toko tanpa resep dokter.

Ketiga, hindari menggaruk jerawat. Menggaruk akan menyebabkan jerawat Anda lebih parah, dan akan membuat peradangan lebih buruk. Jika Anda merasa gatal, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung anti-inflamasi. Ini akan membantu mengurangi gatal dan merawat kulit Anda.

Keempat, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung zink. Zink dapat membantu mengurangi infeksi kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Zink juga dapat membantu menjaga kulit Anda tetap bersih dan bebas jerawat.

BACA JUGA:  Gimana Cara Mengatasi Jerawat?

Kelima, hindari kontak dengan produk yang bisa menyebabkan iritasi atau alergi. Beberapa produk, seperti sabun atau kosmetik, dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda memiliki infeksi jerawat bengkak, hindari menggunakan produk-produk ini. Juga, hindari jenis pakaian yang terlalu ketat atau yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Keenam, jangan lupa untuk menjaga kebersihan Anda. Pastikan untuk mencuci tangan Anda secara teratur dan jangan lupa untuk mengganti handuk Anda setiap hari. Juga, hindari berbagi peralatan rias dengan orang lain. Hal ini akan membantu mencegah infeksi jerawat bengkak.

Ketujuh, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan yang kaya akan omega-3 dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih. Makanan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kedelapan, jangan lupa untuk minum cukup air. Minum cukup air setiap hari dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersih. Air juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kesembilan, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Beristirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mempercepat proses penyembuhan. Juga, beristirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres, yang dapat memperburuk infeksi jerawat bengkak.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga pola makan Anda. Makan makanan sehat dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Ini akan membantu mencegah infeksi jerawat bengkak.

Kesimpulan

Infeksi jerawat bengkak adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi pada jerawat. Untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan, pastikan untuk menjaga kulit Anda bersih, gunakan obat yang diresepkan oleh dokter, hindari menggaruk jerawat, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung zink, hindari kontak dengan produk yang bisa menyebabkan iritasi atau alergi, jaga kebersihan Anda, konsumsi makanan yang sehat, minum cukup air, beristirahat yang cukup, dan jaga pola makan Anda.

BACA JUGA:  Kosmetik COSRX untuk Jerawat

VideoInfeksi Jerawat Bengkak: Apa yang Harus Dilakukan?