Mengatasi Gatal Jerawat yang Mengusik

Mengatasi Gatal Jerawat Yang Mengusik
Source: bing.com

Gatal jerawat adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini juga dikenal sebagai akne, jerawat, atau bintik-bintik merah di wajah. Gatal jerawat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di wajah dan tubuh. Biasanya, gatal jerawat disebabkan oleh kulit berminyak, polusi, dan alergi. Dengan mengikuti beberapa langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengatasi gatal jerawat.

1. Bersihkan Kulit Anda Setiap Hari

Mengurangi kadar minyak di wajah Anda bisa mencegah gatal jerawat. Anda harus membersihkan wajah Anda dengan air hangat setiap hari sebelum tidur. Gunakan sabun khusus yang bersifat netral dan tidak berminyak yang tidak akan menyebabkan iritasi. Jangan tergoda untuk menggosok wajah Anda dengan kuat, karena hal itu hanya akan membuat masalah lebih buruk. Setelah membersihkan wajah Anda, segera keringkan dengan handuk lembut.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Memilih produk perawatan kulit yang tepat bisa membantu Anda mengatasi gatal jerawat. Produk yang mengandung salicylic acid dapat membantu mengurangi minyak, membersihkan pori-pori, dan mengurangi bintik-bintik merah. Jika Anda memiliki kulit sensitif, carilah produk yang mengandung bahan alami seperti teh hijau, aloe vera, dan minyak zaitun. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah Anda.

3. Pilih Produk Pembersih Wajah yang Tepat

Sebagian besar produk pembersih wajah yang digunakan untuk mencegah gatal jerawat berbasis minyak. Gunakan produk pembersih wajah yang mengandung minyak alami seperti minyak zaitun, minyak biji kenari, dan minyak kelapa. Produk pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan ini akan membantu mengekang minyak dan mengurangi iritasi dan gatal.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat pada Photoshop CS6

4. Jauhkan Diri dari Sinar Matahari

Sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak di wajah Anda, yang dapat memburuk gatal jerawat. Gunakan tabir surya setiap kali Anda keluar rumah. Pilih tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) yang tepat untuk kulit Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari.

5. Selalu Bersihkan Makeup Anda

Jika Anda memakai makeup, pastikan untuk selalu menghapusnya sebelum tidur. Kotoran dan makeup yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gatal jerawat di wajah Anda. Gunakan makeup yang water-resistant dan bersifat netral dan bebas minyak. Jangan lupa untuk membersihkan makeup Anda dengan pembersih makeup khusus setiap malam.

6. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah bisa membantu mengurangi gatal jerawat di wajah Anda. Gunakan masker wajah yang mengandung bahan-bahan alami seperti madu, aloe vera, dan teh hijau. Masker wajah ini akan membantu melembabkan dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain itu, masker wajah juga dapat mengurangi iritasi dan gatal pada wajah Anda.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi gatal jerawat. Minum air putih yang cukup akan membantu membersihkan racun dan kotoran dari tubuh Anda. Selain itu, minum air putih juga akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

8. Jauhi Stres

Stres dapat meningkatkan produksi minyak di wajah Anda, yang dapat menyebabkan gatal jerawat. Untuk menjaga kesehatan mental, pastikan untuk melakukan latihan relaksasi, yoga, meditasi, dan berjalan. Jika stres masih membebani Anda, cobalah untuk berbicara dengan teman, keluarga, atau ahli kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan.

BACA JUGA:  Kandungan untuk Bekas Jerawat

9. Jaga Pola Makan dan Olahraga

Memiliki pola makan sehat dan rutin berolahraga dapat membantu mengurangi gatal jerawat. Makanan yang kaya akan antioksidan dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu dapat membantu mengurangi gatal jerawat. Selain itu, berolahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda.

10. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda masih merasakan gatal jerawat setelah mencoba berbagai cara mengatasinya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberi Anda saran yang tepat terkait produk perawatan kulit yang cocok untuk Anda. Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan atau terapi untuk mengatasi gatal jerawat yang parah.

Kesimpulan

Gatal jerawat adalah masalah yang sangat umum. Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan wajah Anda setiap hari, gunakan produk perawatan kulit yang tepat, hindari sinar matahari, selalu bersihkan makeup Anda, gunakan masker wajah, minum air putih yang cukup, jauhi stres, jaga pola makan dan olahraga, dan konsultasikan dengan dokter jika masalahnya masih berlanjut. Dengan mengikuti saran-saran ini, Anda dapat dengan mudah mengatasi gatal jerawat.

VideoMengatasi Gatal Jerawat yang Mengusik