Pengobatan Flek Hitam Bekas Jerawat yang Parah

Pengobatan Flek Hitam Bekas Jerawat Yang Parah
Source: bing.com

Apa Itu Flek Hitam Bekas Jerawat?

Flek hitam bekas jerawat adalah flek yang menghiasi wajah seseorang setelah jerawatnya sembuh. Flek hitam ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang rusak di ketiak jerawat. Flek hitam ini bisa terjadi pada semua orang, tetapi lebih sering terjadi pada orang-orang yang berwarna kulit gelap. Flek hitam bekas jerawat ini biasanya terlihat lebih parah dibandingkan flek hitam pada wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Penyebab Flek Hitam Bekas Jerawat

Flek hitam bekas jerawat dapat terjadi akibat kombinasi beberapa faktor, seperti kelembaban kulit, produksi minyak berlebih, penggunaan produk yang terlalu kuat, aktivitas infeksi, pajanan sinar matahari, dan lain-lain. Flek hitam bekas jerawat juga bisa disebabkan oleh perawatan yang salah pada jerawat. Misalnya, saat mencoba untuk menghilangkan jerawat dengan cara mencubit atau menggosok jerawat. Hal-hal tersebut bisa membuat flek hitam bekas jerawat yang lebih parah.

Tanda-Tanda Flek Hitam Bekas Jerawat

Flek hitam bekas jerawat biasanya memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan warna kulit sekitarnya. Flek hitam ini juga sering bersifat permanen. Flek hitam bekas jerawat ini bisa berupa bercak berwarna ungu atau hitam, atau bahkan keduanya. Flek hitam ini juga biasanya lebih tebal dari sekitarnya dan terletak di area yang terkena jerawat.

Cara Mengatasi Flek Hitam Bekas Jerawat yang Parah

Untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat yang parah, Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti obat-obatan, laser, peeling kimia, mesoterapi, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan obat-obatan berbahan dasar retinoid untuk mengurangi flek hitam bekas jerawat. Laser juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Laser akan memancarkan sinar yang akan membantu memecah pigmen flek hitam di wajah Anda. Peeling kimia juga bisa menjadi pilihan lain untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Peeling kimia akan menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan membantu membuat kulit Anda terlihat lebih baik.

BACA JUGA:  Jerawat Di Antara Dua Mata: Bagaimana Menanganinya?

Penggunaan Bahan Alami Untuk Mengatasi Flek Hitam Bekas Jerawat

Selain menggunakan obat-obatan, laser, peeling kimia, dan mesoterapi, Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, minyak biji anggur, minyak almond, minyak jojoba, dan lain-lain. Minyak zaitun, minyak biji anggur, dan minyak almond bisa membantu mencerahkan flek hitam bekas jerawat dan membuatnya tidak terlihat. Minyak jojoba juga dapat membantu mencerahkan flek hitam bekas jerawat dan menghaluskan kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan oatmeal dan yogurt untuk membantu mengurangi flek hitam bekas jerawat.

Cara Pencegahan Flek Hitam Bekas Jerawat

Untuk mencegah flek hitam bekas jerawat, Anda harus berhati-hati saat membersihkan wajah Anda. Jangan terlalu keras saat menggosok wajah Anda dan jangan menggunakan produk yang terlalu kuat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelembab setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Anda juga bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari. Dan jangan lupa, selalu rajin membersihkan wajah Anda setiap hari.

Kesimpulan

Flek hitam bekas jerawat adalah flek yang menghiasi wajah seseorang setelah jerawatnya sembuh. Flek hitam ini dapat terjadi akibat kombinasi beberapa faktor. Untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat yang parah, Anda bisa menggunakan obat-obatan, laser, peeling kimia, mesoterapi, dan bahan alami. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati saat membersihkan wajah Anda dan selalu gunakan tabir surya untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari.

VideoPengobatan Flek Hitam Bekas Jerawat yang Parah