Cara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh dan Aman

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Ampuh Dan Aman
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada remaja maupun orang dewasa. Peradangan pada kulit yang disebut jerawat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Jerawat dapat berupa bintik-bintik kecil atau bahkan nanah berserta infeksi yang lebih parah. Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat, misalnya karena menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit, polusi, stres, hormon, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki masalah ini.

1. Konsumsi Makanan Sehat dengan Kandungan Antioksidan

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan. Antioksidan bisa berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebagainya. Antioksidan bisa membantu memerangi radikal bebas yang berperan sebagai penyebab munculnya jerawat. Makanan sehat yang kaya akan antioksidan akan membantu memperbaiki masalah kulit dan menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Selain itu, anda juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk membantu menghilangkan jerawat. Pastikan anda memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit anda. Produk yang berbahan dasar alami bisa jadi pilihan yang tepat. Gunakan produk yang mengandung bahan-bahan seperti minyak zaitun, alpukat, atau bahan lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral. Jangka waktu yang tepat untuk melakukan perawatan kulit juga harus diperhatikan, agar hasilnya maksimal.

BACA JUGA:  Apa Itu Jerawat Buntusan?

3. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Merokok akan menyebabkan produksi radikal bebas yang merusak kulit, sementara alkohol akan menyebabkan pengeringan kulit. Jadi, hindari merokok dan minum alkohol untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyebab jerawat. Jika anda tidak bisa menghindari keduanya, coba untuk membatasi pemakaiannya.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Ketika anda kekurangan cairan, kulit akan menjadi kering dan mudah teriritasi. Demikian juga dengan jerawat, kurangnya cairan pada tubuh dapat memperparah masalah jerawat yang anda alami. Jadi, pastikan anda mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Usahakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Lakukan Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi tubuh juga bisa membantu menghilangkan jerawat. Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun dari tubuh agar tubuh tetap sehat. Ada berbagai cara untuk melakukan detoksifikasi, mulai dari diet hingga olahraga. Beberapa jenis diet detoksifikasi yang bisa anda lakukan adalah diet air lemon, diet air putih, dan sebagainya. Jika anda tidak yakin tentang bagaimana melakukan detoksifikasi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi atau ahli kesehatan.

6. Hindari Mengena Terlalu Banyak Makeup

Penggunaan makeup yang berlebihan dapat memicu munculnya jerawat. Jadi, hindari menggunakan makeup yang berlebihan jika anda ingin menghilangkan jerawat. Selain itu, pastikan anda membersihkan wajah dengan benar setiap hari. Gunakan produk pembersih yang cocok dengan jenis kulit anda dan jangan lupa untuk tidak menggunakan sabun yang terlalu keras.

7. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga juga bisa membantu mengurangi jerawat. Olahraga teratur dapat membantu mengeluarkan toksin dari tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Olahraga juga bisa membantu meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat. Usahakan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk hasil yang optimal.

BACA JUGA:  Memahami Wajah Jerawat dan Bruntusan

8. Hindari Menggunakan Handphone Terlalu Lama

Menggunakan handphone terlalu lama juga dapat memicu munculnya jerawat. Radiasi yang dihasilkan oleh handphone dapat merusak kulit dan memperparah masalah jerawat. Jadi, hindari menggunakan handphone terlalu lama, terutama saat anda berada di luar ruangan. Gunakan headphone jika anda harus terus menggunakan handphone demi menjaga kesehatan kulit anda.

9. Banyak-banyaklah Beristirahat

Tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi jerawat. Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki masalah kulit. Usahakan untuk tidur lebih awal dan coba untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan kafein agar tidur anda nyenyak. Olahraga ringan sebelum tidur juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

10. Konsultasikan Masalah Jerawat Anda

Jika anda masih belum bisa menghilangkan jerawat dengan cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kulit anda dan meresepkan obat-obatan atau produk kecantikan yang sesuai untuk anda. Jaga komunikasi dengan

VideoCara Menghilangkan Jerawat yang Ampuh dan Aman