Dampak Jerawat yang Dipencet

Dampak Jerawat Yang Dipencet
Source: bing.com

Berjerawat adalah masalah yang dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Selain itu, jerawat juga merupakan masalah kulit yang umumnya dapat diatasi dengan baik. Namun, jika jerawat dipencet, maka bisa jadi akan menimbulkan beberapa dampak yang tidak diinginkan. Berikut adalah dampak yang mungkin terjadi jika jerawat dipencet.

1. Menyebabkan Lebih Banyak Jerawat

Pencet jerawat dapat menyebabkan kuman berpindah dari satu area ke area lain. Hal ini akan memicu peradangan dan menyebabkan jerawat yang baru. Jika jerawat dipencet, maka bisa jadi hal tersebut akan menyebabkan timbulnya jerawat baru di wajah Anda.

2. Infeksi Bakteri

Ketika kulit rusak, maka kuman akan berkembang biak di lokasi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri. Infeksi bakteri dapat menimbulkan peradangan, merah, dan bengkak. Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan eritema yang disebut dengan eritema jerawat.

3. Bintik Hitam

Salah satu dampak yang dapat terjadi ketika jerawat dipencet adalah bintik hitam. Bintik hitam adalah kondisi dimana kulit menjadi lebih gelap dan lebih menonjol. Bintik hitam muncul karena adanya pembentukan pigmen yang berlebihan akibat infeksi bakteri. Bintik hitam adalah salah satu dampak yang paling umum terjadi ketika jerawat dipencet.

4. Membuat Jerawat Lebih Berat

Ketika jerawat dipencet, maka zat-zat yang terdapat di dalam jerawat akan pecah dan tersebar ke sekitar kulit. Hal ini akan membuat jerawat menjadi lebih berat dan menimbulkan infeksi. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan jerawat semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

BACA JUGA:  Darsi Obat Jerawat, Apa Saja Efek Sampingnya?

5. Membuat Kulit Kering

Pencet jerawat dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini karena pengelupasan lapisan luar kulit yang terjadi saat jerawat dipencet. Kulit kering juga dapat meningkatkan risiko iritasi dan infeksi, sehingga Anda perlu menggunakan pelembab atau lotion khusus untuk mengatasinya.

6. Merusak Struktur Kulit

Tindakan pencet jerawat dapat merusak struktur kulit. Hal ini karena iritasi yang ditimbulkan akibat infeksi bakteri. Jika tidak ditangani dengan benar, maka struktur kulit yang rusak dapat menyebabkan bekas luka atau bintik hitam yang permanen.

7. Merusak Kepercayaan Diri

Jerawat adalah masalah yang dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Pencet jerawat dapat menyebabkan bekas luka atau bintik hitam yang permanen. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang dan membuat mereka merasa malu atau tidak percaya diri.

8. Risiko Komplikasi

Ketika jerawat dipencet, maka kuman dapat masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan berbagai jenis komplikasi. Komplikasi yang paling umum adalah infeksi bakteri, seperti abses, infeksi leher, dan infeksi paru-paru. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidak mencoba mencet jerawat sendiri.

9. Risiko Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan kondisi yang jarang terjadi, namun dapat terjadi jika Anda tidak memperlakukan kulit dengan baik. Pencet jerawat dapat memicu peradangan yang bisa berubah menjadi kanker kulit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memperlakukan kulit dengan baik dan menjaga agar tetap sehat.

10. Membuat Kulit Lebih Berminyak

Pencet jerawat dapat merangsang produksi minyak di wajah. Hal ini karena pengelupasan lapisan luar kulit yang terjadi saat jerawat dipencet. Produksi minyak yang berlebihan dapat berakibat pada munculnya jerawat baru. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan produk kosmetik yang tepat untuk mengurangi produksi minyak di wajah Anda.

BACA JUGA:  Apa Itu Sinar Blue Light untuk Jerawat?

Kesimpulan

Meskipun pencet jerawat dapat memberikan kesempatan untuk melepaskan isi jerawat, namun hal tersebut juga dapat menimbulkan beberapa dampak yang tidak diinginkan. Beberapa dampak yang mungkin terjadi jika jerawat dipencet adalah menyebabkan lebih banyak jerawat, infeksi bakteri, bintik hitam, membuat jerawat lebih berat, membuat kulit kering, merusak struktur kulit, merusak kepercayaan diri, risiko komplikasi, dan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan kulit dengan baik dan menghindari pencet jerawat.

VideoDampak Jerawat yang Dipencet