Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cream

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cream
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang umum terjadi pada remaja dan orang dewasa. Biasanya, jerawat akan hilang dengan sendirinya, namun membiarkan bekas jerawat yang mengganggu. Meskipun bekas jerawat tak menimbulkan rasa sakit, mereka dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Untungnya, ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat, salah satunya adalah dengan menggunakan cream.

Bagaimana Cream Bekerja untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Cream untuk menghilangkan bekas jerawat dapat membantu mengurangi kemerahan, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi produksi minyak pada kulit. Cream ini biasanya mengandung bahan aktif seperti retinoid, benzoil peroksida, atau asam salisilat. Retinoid merangsang produksi kolagen baru, sehingga mengurangi kemerahan dan menghilangkan bekas jerawat. Karena bekas jerawat sering disebabkan oleh infeksi bakteri, benzoil peroksida dapat membantu menghilangkan bakteri dan mencegah peradangan. Asam salisilat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Apa Jenis Cream yang Dapat Digunakan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Beberapa jenis cream yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, diantaranya adalah:

  • Retinoid: Retinoid adalah obat yang mengandung vitamin A yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mengurangi produksi minyak. Retinoid biasanya tersedia dalam bentuk sediaan obat atau krim.

  • Bezoil Peroksida: Bezoil peroksida adalah antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mencegah infeksi pada kulit. Ini bisa digunakan sebagai krim atau gel dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan bekas jerawat.

  • Asam Salisilat: Asam salisilat adalah bahan aktif yang disebut exfoliants yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Ini tersedia dalam bentuk krim dan juga dalam bentuk sediaan obat.

BACA JUGA:  Review Freeman Bekas Jerawat

Kapan Harus Menggunakan Cream untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Ketika Anda mulai menggunakan cream untuk menghilangkan bekas jerawat, penting untuk memulainya dengan dosis yang rendah. Mulailah dengan sekali atau dua kali sehari, dan perlahan-lahan tingkatkan dosisnya. Jika Anda menggunakan krim retinoid, Anda harus menggunakan tabir surya di siang hari untuk mengurangi risiko iritasi atau iritasi. Jika Anda menggunakan benzoil peroksida atau asam salisilat, pastikan untuk menerapkan produk ini dengan hati-hati dan hindari mengoleskannya pada kulit yang teriritasi.

Kapan Harus Berhenti Menggunakan Cream untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Ketika Anda sudah merasa bahwa bekas jerawat sudah mulai menghilang, Anda harus mulai mengurangi dosis cream. Jika Anda menggunakan retinoid, Anda harus beralih ke produk yang kurang kuat dan menggunakannya lebih jarang. Jika Anda menggunakan benzoil peroksida atau asam salisilat, Anda harus beralih ke produk yang lebih ringan dan menggunakannya hanya sekali sehari.

Apa Saja Manfaat Cream untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Cream untuk menghilangkan bekas jerawat dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mencegah infeksi. Cream ini juga dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mengurangi kemerahan pada kulit. Selain itu, cream dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Apa Saja Efek Samping Menggunakan Cream untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat Anda menggunakan cream untuk menghilangkan bekas jerawat, diantaranya adalah iritasi, kemerahan, dan gatal. Untuk mengurangi risiko efek samping, pastikan untuk memulai dengan dosis yang lebih rendah dan menggunakan tabir surya di siang hari ketika Anda menggunakan krim retinoid. Jika Anda mengalami iritasi yang berlebihan, segera berhenti menggunakan produk ini dan hubungi dokter Anda.

BACA JUGA:  Review Ella Skin Care Jerawat

Kesimpulan

Cream dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan mencegah infeksi. Cream ini dapat mengurangi kemerahan dan mengangkat sel kulit mati, namun penting untuk memulainya dengan dosis yang rendah. Jika Anda mengalami iritasi yang berlebihan, segera hentikan penggunaan produk ini dan hubungi dokter Anda.

VideoCara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cream