Mengenal Contoh Jerawat Pustula

Mengenal Contoh Jerawat Pustula
Source: bing.com

Jerawat pustula adalah jenis jerawat inflamasi yang terbentuk oleh bakteri Propionibacterium acnes. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum dijumpai di wajah dan leher. Jerawat pustula biasanya muncul sebagai keputihan putih yang dikelilingi oleh daerah merah yang bengkak. Pustula ini juga dapat mengandung nanah, yang bisa berbahaya jika tidak diobati dengan benar.

Apa yang Membuat Jerawat Pustula Berbeda?

Jerawat pustula berbeda dari jenis jerawat lain karena pustula ini berisi nanah. Biasanya, nanah ini adalah hasil dari bakteri Propionibacterium acnes yang menempel pada pori-pori kulit. Nanah ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada area yang terkena. Karena nanah ini berisi bakteri, mereka dapat menyebar ke area lain jika tidak diobati dengan benar.

Gejala yang Ditimbulkan oleh Jerawat Pustula

Gejala yang paling umum yang ditimbulkan oleh jerawat pustula adalah keputihan putih yang dikelilingi oleh daerah merah yang bengkak. Pada beberapa kasus, nanah atau cairan dapat ditemukan di sekitar pustula. Gejala lain yang mungkin dapat ditemukan adalah iritasi, gatal, atau rasa sakit pada area yang terkena. Jika jerawat pustula berlanjut, Anda mungkin juga akan mengalami pembengkakan pada area yang terkena.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Pustula?

Mengobati jerawat pustula bisa menjadi tugas yang rumit. Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit atau produk obat yang diresepkan oleh dokter. Anda juga bisa mencoba metode alami seperti menggunakan masker atau scrub, atau menggunakan obat alami seperti bawang putih atau madu. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit Anda dan menghindari paparan sinar matahari langsung untuk mencegah jerawat pustula berlanjut.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat

Mengapa Penting Untuk Segera Mengobati Jerawat Pustula?

Mengobati jerawat pustula segera adalah penting karena jenis jerawat ini dapat menyebar ke area lain jika tidak diobati dengan benar. Selain itu, jerawat pustula juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan rasa sakit. Karena itu, penting untuk segera mengobati jerawat pustula dengan produk perawatan kulit yang benar.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Pustula Tidak Bisa Diobati?

Jika Anda tidak bisa mengobati jerawat pustula dengan produk perawatan kulit atau obat, Anda harus mulai memeriksakannya ke dokter. Dokter dapat meresepkan obat yang lebih kuat untuk mengobati jerawat pustula Anda. Jika Anda masih mengalami masalah dengan jerawat pustula, Anda mungkin harus mencoba terapi penyinaran atau terapi laser untuk menyembuhkan jerawat pustula Anda.

Mengapa Harus Berhati-hati Saat Mengobati Jerawat Pustula?

Mengobati jerawat pustula dengan cara yang salah dapat memperburuk situasi. Beberapa produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengobati jerawat pustula mungkin tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Selain itu, beberapa produk perawatan kulit yang berlebihan atau ketidakcocokan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit atau bahkan membuat jerawat semakin parah. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati saat menggunakan produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat pustula.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Pustula?

Mencegah jerawat pustula bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit Anda dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, Anda juga harus memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Menggunakan pelembab yang tepat juga dapat membantu Anda mencegah jerawat pustula. Anda juga harus menghindari merokok dan menghindari makanan yang digoreng atau berminyak.

Kesimpulan

Jerawat pustula adalah jenis jerawat inflamasi yang terbentuk oleh bakteri Propionibacterium acnes. Gejala yang paling umum yang ditimbulkan oleh jerawat pustula adalah keputihan putih yang dikelilingi oleh daerah merah yang bengkak. Mengobati jerawat pustula bisa dilakukan dengan menggunakan produk perawatan kulit atau obat yang diresepkan oleh dokter. Jika Anda tidak bisa mengobati jerawat pustula dengan produk perawatan kulit atau obat, Anda harus mulai memeriksakannya ke dokter. Mencegah jerawat pustula bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Menggunakan pelembab yang tepat juga dapat membantu Anda mencegah jerawat pustula.

BACA JUGA:  Manfaat Buah Naga Merah Untuk Jerawat

VideoMengenal Contoh Jerawat Pustula