Pengertian Jerawat Batu dan Contoh Gambarnya

Pengertian Jerawat Batu Dan Contoh Gambarnya
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang terbilang lebih berat dan sulit untuk disembuhkan dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Bentuknya berupa benjolan yang keras dengan diameter mulai dari 1 mm sampai 4 mm. Biasanya berwarna merah kecoklatan dan berisi nanah. Akibat kulit yang tersumbat, jerawat batu ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal lebih jauh tentang jerawat batu dan contoh gambarnya.

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan keras. Jika dilihat dengan mikroskop, bentuknya mirip seperti batu. Itulah sebabnya jerawat ini disebut sebagai jerawat batu. Jerawat batu biasanya ditandai dengan bintik-bintik merah di atas kulit yang lebih besar daripada jerawat biasa. Namun, tidak semua jerawat berukuran besar adalah jerawat batu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai jerawat batu dan contoh gambarnya.

Apa Penyebab Jerawat Batu?

Penyebab utama jerawat batu adalah karena pori-pori kulit yang tersumbat. Pori-pori kulit yang tersumbat akan meningkatkan produksi sebum yang membuat kulit lebih berminyak. Selain itu, bakteri Propionibacterium acnes juga dapat menyebabkan jerawat batu. Bakteri ini mengalami reproduksi yang cepat sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Batu?

Untuk mengatasi jerawat batu, Anda dapat melakukan beberapa cara. Pertama, Anda dapat mencoba menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Kedua, Anda juga dapat mencoba mandi dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Ketiga, Anda dapat menggunakan masker beras untuk membersihkan kulit dari komedo dan sebum berlebih. Keempat, Anda juga dapat mencoba menggunakan produk yang mengandung ekstrak teh hijau untuk mengurangi produksi sebum dan mencegah jerawat batu.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Breakout Jerawat

Contoh Gambar Jerawat Batu

Berikut adalah beberapa contoh gambar jerawat batu yang dapat Anda lihat. Gambar pertama adalah gambar jerawat batu berupa benjolan merah di atas kulit. Biasanya, jerawat batu berukuran lebih besar daripada jerawat biasa. Gambar kedua adalah gambar jerawat batu yang sudah terkena infeksi. Infeksi bisa menyebabkan jerawat batu menjadi lebih berwarna merah dan berisi nanah. Gambar ketiga adalah gambar jerawat batu yang sudah basi. Jerawat batu yang sudah basi biasanya berwarna kecoklatan dan berisi nanah kental.

Cara Mencegah Jerawat Batu

Untuk mencegah jerawat batu, Anda dapat melakukan beberapa hal. Pertama, Anda dapat menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci wajah dengan sabun muka. Kedua, Anda juga dapat menggunakan produk-produk perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketiga, Anda juga dapat menghindari makanan yang berlemak, terlalu asin, atau terlalu pedas. Keempat, Anda juga harus berhati-hati saat memilih kosmetik dan produk kecantikan. Pastikan bahwa produk tersebut aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Anda harus berobat ke dokter jika Anda mengalami jerawat batu yang sudah tak tertahankan. Dokter akan memberikan resep obat-obatan yang sesuai untuk mengatasi jerawat batu Anda. Dokter juga dapat memberikan saran-saran tentang cara menjaga kulit Anda agar tidak terkena jerawat batu lagi. Jika Anda mengalami rasa sakit atau gatal yang tak tertahankan, Anda juga harus segera berobat ke dokter.

Kesimpulan

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai jerawat batu dan contoh gambarnya. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan keras dan disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. Untuk mengatasi jerawat batu, Anda dapat mencoba menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sesuai dan mencegah jerawat dengan cara menjaga kebersihan kulit. Jika Anda mengalami jerawat batu yang sudah tak tertahankan, segera berobat ke dokter.

BACA JUGA:  Jerawat Bisul di Kemaluan - Apa yang Harus Dilakukan?

VideoPengertian Jerawat Batu dan Contoh Gambarnya