Ciri-Ciri Jerawat Purging

Ciri-Ciri Jerawat Purging
Source: bing.com

Jerawat purging adalah jerawat yang muncul dan meningkat dalam jumlah ketika seseorang menggunakan produk kecantikan baru atau rutinitas perawatan kulit. Ini berarti bahwa seseorang dapat mengalami jerawat purging jika mereka mencoba produk baru, seperti pelembab, atau produk yang berisi bahan aktif seperti retinoid, asam salisilat, atau asam laktat. Ciri-ciri jerawat purging biasanya memiliki karakteristik yang berbeda dari jerawat biasa.

Jenis Jerawat Purging

Jerawat purging dapat berupa berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat komedo, jerawat bernanah, dan jerawat batu. Jerawat komedo adalah jerawat yang biasanya muncul di sekitar mulut, hidung, dan dahi. Jerawat bernanah adalah jerawat yang ditandai dengan bintik merah dan nanah di permukaan kulit. Jerawat batu adalah jerawat yang ditandai dengan bintik merah yang menonjol di permukaan kulit. Jenis jerawat purging ini dapat muncul di wajah, leher, punggung, dan bagian lain dari tubuh.

Penyebab Jerawat Purging

Penyebab utama jerawat purging adalah ketika Anda menggunakan produk kecantikan atau rutinitas perawatan kulit baru. Beberapa produk kecantikan atau rutinitas perawatan kulit dapat menyebabkan pembukaan pori-pori dan meningkatkan sekresi kelenjar sebum yang dapat menyebabkan jerawat purging. Bahan aktif tertentu seperti retinoid, asam salisilat, dan asam laktat juga dapat menyebabkan jerawat purging.

Gejala Jerawat Purging

Gejala utama jerawat purging adalah munculnya jerawat baru dan meningkatnya jumlah jerawat yang sudah ada. Jerawat purging biasanya berlangsung selama satu sampai dua minggu setelah menggunakan produk kecantikan atau rutinitas perawatan kulit baru. Jerawat purging juga dapat ditandai dengan munculnya jerawat yang lebih besar dan lebih berminyak dari jerawat biasa.

BACA JUGA:  Cuci Muka Wardah untuk Jerawat: Rahasia Kecantikan

Cara Mengatasi Jerawat Purging

Mengatasi jerawat purging bisa dilakukan dengan cara menghindari produk yang menyebabkan jerawat purging. Anda juga harus mengurangi produk yang menyumbat pori-pori dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Jika Anda masih mengalami jerawat purging, Anda dapat menggunakan produk dengan bahan aktif seperti asam salisilat atau asam laktat untuk mengobati jerawat. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan produk apa pun.

Cara Mencegah Jerawat Purging

Cara terbaik untuk mencegah jerawat purging adalah dengan menghindari produk kecantikan atau rutinitas perawatan kulit yang menyebabkan jerawat purging. Anda juga harus menjaga kulit tetap bersih dengan membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah untuk melembapkan kulit dan mencegah munculnya jerawat purging.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda merasa bahwa jerawat purging Anda tidak berhasil dengan cara-cara di atas, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan produk yang tepat untuk mengobati jerawat purging Anda. Dokter juga dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang produk-produk yang menyebabkan atau mencegah jerawat purging.

Kesimpulan

Jerawat purging adalah jerawat yang muncul dan meningkat dalam jumlah ketika seseorang menggunakan produk kecantikan baru atau rutinitas perawatan kulit. Ini dapat berupa berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat komedo, jerawat bernanah, dan jerawat batu. Penyebab utama jerawat purging adalah ketika seseorang menggunakan produk kecantikan atau rutinitas perawatan kulit baru yang mengandung bahan aktif seperti retinoid, asam salisilat, dan asam laktat. Mengatasi jerawat purging dengan cara menghindari produk yang menyebabkan jerawat purging dan menjaga kulit tetap bersih. Jika Anda masih mengalami jerawat purging, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Oxy Obat Totol Jerawat

VideoCiri-Ciri Jerawat Purging