Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon

Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami pada usia remaja. Faktor utama yang menyebabkan jerawat adalah hormon. Pada usia remaja, hormon testosteron yang berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak di kulit yang menyebabkan jerawat. Berikut adalah ciri-ciri jerawat yang disebabkan oleh hormon.

Jerawat Berbentuk Bintik Putih

Jerawat yang disebabkan oleh hormon akan berbentuk bintik putih. Biasanya, bintik putih ini berukuran kecil dan berada di bagian wajah. Bintik putih ini biasanya berisi nanah. Jika jerawat ini dibiarkan, maka jerawat ini akan menjadi lebih besar dan berdarah. Oleh karena itu, penting untuk segera membersihkan jerawat ini dengan menggunakan produk yang tepat.

Jerawat Berbentuk Bintik Merah

Selain jerawat berbentuk bintik putih, jerawat karena hormon juga bisa berbentuk bintik merah. Biasanya, bintik merah ini disertai dengan rasa gatal. Bintik merah ini biasanya berukuran kecil dan tersebar di bagian wajah. Jerawat berbentuk bintik merah ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati jerawat dengan produk yang tepat.

Jerawat Berbentuk Bintik Hitam

Jerawat karena hormon juga bisa berbentuk bintik hitam. Bintik hitam ini biasanya berukuran lebih besar dibandingkan bintik putih dan bintik merah. Bintik hitam ini biasanya disertai dengan nanah dan rasa sakit. Jerawat berbentuk bintik hitam ini biasanya disebabkan oleh akumulasi minyak dipermukaan kulit. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati jerawat ini dengan produk yang tepat.

Jerawat Berbentuk Bercak Merah

Terakhir, jerawat karena hormon juga bisa berbentuk bercak merah. Bercak merah ini biasanya berbentuk lonjong dan menyebar di bagian wajah. Bercak merah ini biasanya disertai dengan rasa gatal dan perih. Jerawat berbentuk bercak merah ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Oleh karena itu, penting untuk segera mengobati jerawat ini dengan produk yang tepat.

BACA JUGA:  Masker untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Tips Menghindari Jerawat Karena Hormon

Untuk menghindari jerawat karena hormon, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, pastikan Anda rutin menggunakan pelembab dan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kedua, pastikan Anda menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang banyak mengandung gula dan lemak. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan omega-3 untuk menjaga kesehatan kulit. Ketiga, rajin berolahraga agar sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengurangi stres yang dapat memperburuk masalah jerawat. Terakhir, hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan atau kapas yang kotor. Dengan cara ini, Anda bisa mencegah bakteri berkembang di wajah Anda.

Kesimpulan

Jerawat karena hormon adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami pada usia remaja. Jerawat yang disebabkan oleh hormon akan berbentuk bintik putih, bintik merah, bintik hitam, dan bercak merah. Untuk menghindari jerawat karena hormon, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan atau kapas yang kotor.

VideoCiri-Ciri Jerawat Karena Hormon