Ciri-Ciri Jerawat Hormon

Ciri-Ciri Jerawat Hormon
Source: bing.com

Jerawat hormon adalah masalah kulit yang disebabkan oleh kondisi hormonal yang tidak seimbang. Ciri-ciri jerawat hormon mirip dengan jerawat lainnya, tetapi ada beberapa hal yang membedakannya. Berikut ini adalah ciri-ciri jerawat hormon yang paling umum.

1. Terjadi Pada Area Tertentu

Jerawat hormon biasanya akan terjadi di area-area tertentu di wajah, seperti di pipi, di sekitar hidung, di dagu, atau di daerah sekitar mulut. Jerawat hormon juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya, seperti di lengan atau punggung. Jerawat hormon biasanya tidak akan terjadi di seluruh wajah, melainkan hanya di area-area tertentu.

2. Jerawat Berbentuk Besar

Jerawat hormon biasanya akan berbentuk lebih besar dari jerawat lainnya. Mereka juga biasanya lebih merah dan lebih sakit ketika disentuh. Jerawat hormon biasanya juga memiliki bintik-bintik kecil di sekitarnya. Jerawat hormon seringkali berukuran lebih besar dari jerawat lainnya, dan juga bisa lebih sulit untuk disembuhkan.

3. Biasanya Tidak Terlihat Setiap Hari

Jerawat hormon biasanya tidak akan terlihat setiap hari. Mereka bisa muncul dan menghilang dari waktu ke waktu, tergantung pada kondisi hormonal Anda. Jerawat hormon juga biasanya akan muncul di saat-saat tertentu, seperti saat Anda sedang stres atau saat siklus menstruasi Anda.

4. Mengalami Perubahan Seiring Dengan Usia

Jerawat hormon biasanya akan bertambah parah ketika Anda mengalami perubahan usia, seperti masuk masa puber atau menjelang menopause. Saat usia Anda berubah, kondisi hormon Anda juga akan berubah, dan ini akan membuat jerawat hormon Anda semakin parah. Ini juga berlaku untuk pria dan wanita, meskipun jerawat hormon lebih umum pada wanita.

BACA JUGA:  Keajaiban Nivea Creme untuk Jerawat

5. Gingivitis dan Peradangan Lainnya

Selain jerawat, jerawat hormon juga bisa menyebabkan gingivitis, peradangan di area sekitar rongga mulut, dan bintik-bintik kemerahan di sekitar mulut. Jika Anda mengalami masalah ini, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami jerawat hormon.

6. Jerawat Di Seluruh Tubuh

Jerawat hormon juga bisa terjadi di seluruh tubuh, bukan hanya di wajah. Jerawat hormon bisa terjadi di bagian tubuh lainnya, seperti di punggung atau di lengan. Jika Anda mengalami jerawat di bagian tubuh lainnya selain wajah, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami jerawat hormon.

7. Jerawat Akibat Makanan dan Minuman tertentu

Jerawat hormon juga bisa muncul setelah Anda mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Makanan berlemak atau makanan yang tinggi gula bisa memicu jerawat hormon. Alkohol, kafein, dan beberapa jenis makanan lainnya juga bisa memicu jerawat hormon. Jika Anda menemukan bahwa Anda mengalami jerawat setelah mengonsumsi makanan tertentu, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami jerawat hormon.

8. Jerawat Akibat Stres

Stres juga bisa memicu jerawat hormon. Jika Anda mengalami stres berkepanjangan atau stres yang berlebihan, maka itu bisa memicu jerawat hormon. Jika Anda mengalami jerawat setelah stres, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami jerawat hormon.

9. Jerawat Akibat Pengobatan

Beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan jerawat hormon. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan jerawat hormon adalah obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, obat-obatan untuk diabetes, dan obat-obatan untuk masalah kulit lainnya. Jika Anda mengalami jerawat setelah mengonsumsi obat tertentu, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami jerawat hormon.

BACA JUGA:  Cara Ngilangin Jerawat dan Bekasnya

10. Kondisi Hormon Lainnya

Beberapa kondisi lain yang berhubungan dengan hormon juga bisa menyebabkan jerawat hormon. Kondisi-kondisi tersebut meliputi sindrom ovarium polikistik (PCOS), kelainan tiroid, dan kekurangan atau kelebihan hormon lainnya. Jika Anda mengalami salah satu kondisi ini, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami jerawat hormon.

Kesimpulan

Jerawat hormon adalah masalah kulit yang disebabkan oleh kondisi hormonal yang tidak seimbang. Ciri-ciri jerawat hormon termasuk munculnya jerawat di area tertentu di wajah, jerawat berbentuk besar, munculnya jerawat di seluruh tubuh, jerawat akibat makanan dan minuman tertentu, stres, pengobatan, dan kondisi hormon lainnya. Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri tersebut, maka itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami jerawat hormon.

VideoCiri-Ciri Jerawat Hormon