Ciri-Ciri Jerawat Batu yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-Ciri Jerawat Batu Yang Perlu Anda Ketahui
Source: bing.com

Jerawat batu (acne conglobata) adalah jenis jerawat yang memiliki gejala yang lebih parah dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat batu biasanya terjadi pada wajah, dada, punggung, atau leher, dan dapat membuat kulit terlihat kasar dan berkerut. Jerawat batu dapat menyebabkan bekas luka yang sulit disembuhkan. Pada kasus tertentu, jerawat batu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam.

Untuk mengatasi jerawat batu, Anda harus mengetahui gejala-gejalanya. Berikut ini adalah ciri-ciri jerawat batu yang perlu Anda ketahui.

1. Noda-noda Berukuran Besar

Noda-noda jerawat yang terbentuk akibat jerawat batu biasanya berukuran lebih besar dibandingkan dengan noda-noda jerawat pada umumnya. Noda-noda tersebut juga berwarna merah, seperti luka bakar.

2. Terbentuknya Bintil-bintil Putih

Bintil-bintil putih yang terbentuk akibat jerawat batu biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan noda-noda jerawat. Bintil-bintil putih tersebut dapat berupa bintil-bintil putih yang terkelupas atau bintil-bintil putih yang menempel pada kulit.

3. Terbentuknya Bintil-bintil Merah

Bintil-bintil merah yang terbentuk akibat jerawat batu biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bintil-bintil putih. Bintil-bintil merah tersebut dapat berupa bintil-bintil merah yang terkelupas atau bintil-bintil merah yang menempel pada kulit.

4. Terbentuknya Bintik-bintik Hitam

Bintik-bintik hitam yang terbentuk akibat jerawat batu biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bintil-bintil putih atau bintil-bintil merah. Bintik-bintik hitam tersebut dapat berupa bintik-bintik hitam yang terkelupas atau bintik-bintik hitam yang menempel pada kulit.

BACA JUGA:  Sabun Muka Natur-E untuk Jerawat

5. Peradangan yang Parah

Karena jerawat batu adalah jenis jerawat yang parah, maka peradangan yang terjadi juga akan sangat parah. Peradangan yang terjadi akibat jerawat batu biasanya menyebabkan kulit menjadi sangat merah dan terasa panas.

6. Keriput dan Kulit Kering

Keriput dan kulit kering dapat terjadi akibat jerawat batu. Hal ini karena pada kulit yang terkena jerawat batu akan mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga dapat mengakibatkan keriput dan kulit kering.

7. Berkelanjutan

Jerawat batu biasanya akan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan jenis jerawat lain. Jerawat batu juga dapat kembali muncul meskipun sudah disembuhkan dengan obat-obatan.

8. Kondisi Fisik yang Memburuk

Kondisi fisik orang yang menderita jerawat batu juga dapat memburuk. Hal ini karena jerawat batu dapat menyebabkan orang yang menderita mengalami masalah kecemasan, depresi, dan ketidakpuasan terhadap dirinya sendiri.

9. Gejala Lain

Jerawat batu juga dapat menyebabkan gejala lain seperti sakit kepala, mual, muntah, dan demam. Gejala-gejala tersebut biasanya akan hilang setelah jerawat batu sembuh.

10. Perlu Perawatan Medis

Karena jerawat batu adalah jenis jerawat yang parah, maka biasanya membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya. Perawatan medis yang dibutuhkan untuk mengatasi jerawat batu biasanya berupa obat-obatan atau pembedahan.

Kesimpulan

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang parah dan membutuhkan perawatan medis untuk mengatasinya. Untuk mengatasi jerawat batu, Anda harus mengetahui ciri-ciri jerawat batu seperti noda-noda berukuran besar, terbentuknya bintil-bintil putih, terbentuknya bintil-bintil merah, terbentuknya bintik-bintik hitam, peradangan yang parah, keriput dan kulit kering, berkelanjutan, kondisi fisik yang memburuk, dan gejala lain.

VideoCiri-Ciri Jerawat Batu yang Perlu Anda Ketahui