Chemical Peeling untuk Jerawat

Chemical Peeling Untuk Jerawat
Source: bing.com

Chemical peeling adalah prosedur medis yang menggunakan bahan kimia untuk menghapus lapisan atas kulit yang rusak. Ini bertujuan untuk meningkatkan tampilan kulit Anda dan meningkatkan teksturnya. Salah satu manfaat utama dari chemical peeling adalah untuk mengobati masalah jerawat. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat dan risiko dari chemical peeling untuk jerawat.

Manfaat Chemical Peeling untuk Jerawat

Chemical peeling dapat mengurangi tanda-tanda jerawat dan membantu mencegah jerawat baru. Ini dapat mengurangi jerawat kronis yang disebabkan oleh kulit berminyak, mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat lama, dan menyamarkan bekas jerawat. Salah satu manfaat lainnya adalah bahwa chemical peeling dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Jenis-Jenis Chemical Peeling

Ada beberapa jenis chemical peeling yang dapat digunakan untuk mengobati masalah jerawat. Beberapa contohnya adalah peeling kimia ringan, peeling kimia sedang, peeling kimia mendalam, peeling kimia ultra-mendalam, dan peeling kimia khusus. Pilihan yang tepat akan bergantung pada tingkat keparahan jerawat Anda dan jenis kulit Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda untuk memilih jenis yang tepat untuk Anda.

Prosedur Peeling Kimia

Prosedur chemical peeling melibatkan penggunaan bahan kimia yang diterapkan pada kulit. Bahan kimia ini dapat berupa asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA), atau asam jenis lain. Proses ini biasanya memakan waktu dari lima hingga delapan menit. Setelah prosedur selesai, Anda akan memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk menyembuhkan. Anda mungkin juga akan memerlukan beberapa sesi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Noda Hitam Akibat Jerawat

Efek Samping Chemical Peeling

Efek samping yang mungkin dapat Anda alami setelah prosedur chemical peeling termasuk iritasi, gatal-gatal, kulit kering, dan ruam. Reaksi alergi juga mungkin terjadi. Efek samping ini biasanya hilang dalam beberapa hari. Anda juga mungkin merasakan sensasi terbakar, kulit menjadi kemerahan, atau sedikit pendarahan. Jika Anda mengalami efek samping yang berlebihan, segera hubungi dokter Anda.

Ketika Tidak Dianjurkan Melakukan Chemical Peeling

Chemical peeling tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau yang menderita penyakit autoimun. Juga, peeling kimia tidak boleh dilakukan jika Anda menggunakan obat topikal, salep, atau suntikan yang mengandung steroid. Anda juga harus menghindari prosedur ini jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Perawatan Setelah Prosedur

Perawatan yang benar setelah prosedur chemical peeling sangat penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda harus menghindari sinar matahari dan menggunakan produk yang khusus untuk kulit yang telah melalui chemical peeling. Anda juga harus menggunakan tabir surya yang kuat setiap hari. Jangan menggunakan produk yang mengandung alkohol atau peeling kimia lainnya untuk menghindari iritasi.

Kesimpulan

Chemical peeling adalah prosedur medis yang dapat membantu mengobati masalah jerawat. Meskipun ada beberapa manfaat, Anda harus mempertimbangkan risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Jika Anda memutuskan untuk melakukan chemical peeling, Anda harus memastikan untuk mengikuti semua petunjuk perawatan yang diberikan dokter Anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

VideoChemical Peeling untuk Jerawat