Cara Sembuhkan Jerawat Hormon Secara Alami

Cara Sembuhkan Jerawat Hormon Secara Alami
Source: bing.com

Jerawat hormon merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan di dalam tubuh. Jerawat hormon biasanya muncul di sekitar wajah dan leher. Perubahan hormon, seperti pubertas dan menstruasi, dapat memicu munculnya jerawat hormon. Namun, masalah ini dapat disembuhkan dengan mengikuti beberapa cara alami berikut.

1. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi jerawat hormon. Sebelum membelinya, pastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda. Beberapa produk yang dapat Anda gunakan adalah sabun atau facial wash yang kaya akan air, exfoliator yang mengandung asam, dan moisturizer yang mengandung SPF.

2. Bersihkan Wajah Setiap Hari

Selanjutnya, Anda harus menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka setiap hari. Pastikan untuk mencuci wajah setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Pembersihan wajah harus dilakukan dengan lembut dan tanpa menggosok terlalu keras. Selain itu, gunakan air hangat untuk mencuci wajah dan menghindari produk yang mengandung alkohol.

3. Gunakan Masker Wajah yang Sesuai

Selain mencuci wajah secara teratur, Anda juga dapat menggunakan masker wajah untuk mengobati jerawat hormon. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Masker wajah bisa mengurangi kemerahan di wajah, menyamarkan pori-pori, dan membantu mengatasi jerawat hormon. Anda juga dapat membuat sendiri masker wajah dengan bahan-bahan alami seperti madu, oatmeal, dan yogurt.

BACA JUGA:  Manfaat Nature e untuk Jerawat

4. Hindari Makanan Berlemak dan Gula

Makanan berlemak dan gula dapat memperburuk masalah jerawat hormon. Jadi, hindarilah makanan berlemak seperti daging merah, makanan yang digoreng, dan makanan berminyak. Selain itu, jauhilah juga makanan yang kaya akan gula seperti coklat, es krim, dan minuman bersoda.

5. Cukupi Asupan Nutrisi yang Diperlukan

Nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, dan zat besi dapat membantu mengatasi masalah jerawat hormon. Jadi, pastikan bahwa Anda mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan ikan. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

6. Minum Cukup Air Putih

Minum air putih dapat membantu menjaga kadar air di dalam tubuh dan membantu membersihkan kulit dari dalam. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Jangan lupa juga untuk menghindari minuman beralkohol dan minuman bersoda.

7. Jaga Pola Tidur yang Teratur

Kurangnya tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang berlebihan, yang dapat memicu munculnya jerawat hormon. Jadi, pastikan untuk tidur cukup dan menjaga pola tidur yang teratur. Tidur yang cukup dapat membantu memperbaiki kulit dan mengurangi tingkat stres.

8. Hindari Jerawat dengan Menggunakan Sunblock

Gunakanlah sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Krim tabir surya dapat membantu Anda menghindari jerawat hormon. Pilihlah tabir surya yang tidak mengandung minyak dan cocok dengan jenis kulit Anda. Pastikan untuk memakai tabir surya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Jauhi Makanan Cepat Saji dan Makanan Siap Saji

Makanan cepat saji dan makanan siap saji biasanya kaya akan garam, gula, dan kalori. Makanan tersebut juga mengandung bahan kimia yang dapat memperburuk masalah jerawat hormon. Jadi, pastikan untuk menghindari makanan-makanan tersebut dan lebih memilih makanan yang sehat dan bergizi.

BACA JUGA:  Minyak Kayu Putih untuk Jerawat

10. Berolahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan produksi hormon yang sehat. Olahraga juga dapat membantu membersihkan kulit dari dalam dan mengurangi produksi minyak berlebih. Namun, pastikan untuk bersihkan wajah setelah berolahraga agar tidak memicu munculnya jerawat.

Kesimpulan

Jerawat hormon dapat disembuhkan dengan mengikuti beberapa cara alami. Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai, cuci wajah secara teratur, gunakan masker wajah, hindari makanan berlemak dan gula, cukupi asupan nutrisi, minum air putih secukupnya, jaga pola tidur yang teratur, gunakan sunblock, jauhi makanan cepat saji dan makanan siap saji, dan berolahraga secara teratur. Dengan melakukan semua hal tersebut, Anda akan mendapatkan hasil yang optimal dalam mengatasi jerawat hormon.

VideoCara Sembuhkan Jerawat Hormon Secara Alami