Cara Ngilangin Kemerahan Jerawat

Cara Ngilangin Kemerahan Jerawat
Source: bing.com

Kemerahan pada kulit karena jerawat bisa menjadi sangat mengganggu. Menurut American Academy of Dermatology, sekitar 70 persen orang dewasa menderita jerawat. Meskipun jerawat paling umum terjadi pada remaja dan orang dewasa muda, jerawat bisa terjadi di usia berapapun. Kemerahan pada kulit akibat jerawat bisa menyebabkan kita merasa malu dan kurang percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengurangi kemerahan jerawat.

1. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Cara pertama untuk mengurangi kemerahan jerawat adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat. Kamu harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu harus menggunakan produk yang dirancang untuk kulit berminyak. Jika kulitmu kering, kamu harus memilih produk yang dirancang untuk kulit kering. Produk yang tepat akan membantu mengurangi kemerahan jerawat dengan aman dan efektif.

2. Bersihkan Kulitmu Secara Teratur

Kedua, kamu harus menjaga kulitmu dari kotoran dan sisa makeup yang menumpuk dengan bersihkan kulitmu secara teratur. Bersihkan kulitmu sekurang-kurangnya dua kali sehari, pagi dan malam hari. Kamu juga harus membersihkan kulitmu setelah olahraga atau beraktivitas yang membuat kulitmu berminyak. Pilih produk membersihkan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Memilih produk yang sesuai akan membantu mengurangi kemerahan jerawat.

BACA JUGA:  Mengatasi Jerawat Setelah Pakai Skincare Baru

3. Gunakan Toner

Gunakan toner setelah kamu membersihkan kulitmu. Toners akan membersihkan kulit secara lebih mendalam sehingga akan membantu meredakan kemerahan jerawat. Carilah toner dengan bahan alami seperti ekstrak lidah buaya atau ekstrak chamomile. Jangan lupa untuk mencoba produknya dahulu di bagian punggung tangan untuk memastikan bahwa produknya cocok dengan kulitmu.

4. Gunakan Krim Pelembab

Kamu juga harus menggunakan krim pelembab untuk menjaga kulitmu tetap lembab. Penggunaan krim pelembab akan membantu mengurangi kemerahan jerawat. Kamu harus mencari krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu berminyak, kamu harus memilih krim pelembab yang ringan. Jika kulitmu kering, kamu harus memilih krim pelembab yang lebih berat. Penggunaan krim pelembab yang tepat akan membantu mengurangi kemerahan jerawat.

5. Hindari Makanan Berlemak dan Gula

Cara berikutnya untuk mengurangi kemerahan jerawat adalah dengan mengurangi makanan berlemak dan gula. Makanan berlemak dan gula bisa menyebabkan peningkatan produksi sebum dan menyebabkan jerawat. Kamu harus mengurangi konsumsi makanan berlemak dan gula dan menggantinya dengan makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan protein. Ini akan membantu mengurangi kemerahan jerawat.

6. Jaga Kebiasaan Beristirahatmu

Kebiasaan beristirahat yang buruk bisa membuat kulitmu terlihat berminyak dan menjadi lebih sensitif. Kamu harus cukup tidur setidaknya 8 jam setiap malam. Kurang tidur bisa membuat kulitmu menjadi lebih sensitif terhadap jerawat. Hal ini juga bisa meningkatkan produksi sebum pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat. Cukup tidur setidaknya 8 jam setiap malam akan membantu mengurangi kemerahan jerawat.

7. Gunakan Masker Wajah

Gunakan masker wajah secara teratur untuk membantu mengurangi kemerahan jerawat. Masker wajah dapat menghilangkan sisa makeup dan kotoran dari wajah. Masker wajah juga dapat meredakan kemerahan jerawat dan membantu menyamarkan jerawat. Carilah masker wajah dengan bahan alami seperti ekstrak lidah buaya atau ekstrak chamomile. Penggunaan masker wajah secara teratur akan membantu mengurangi kemerahan jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 2 Minggu

8. Hindari Penggunaan Produk Tambahan

Kamu juga harus menghindari penggunaan produk tambahan seperti parfum, pelembab, dan produk lainnya yang mengandung bahan kimia bersifat iritasi. Bahan-bahan kimia bersifat iritasi bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan kemerahan jerawat. Jika kamu harus menggunakan produk tambahan, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu di bagian punggung tangan untuk memastikan bahwa produknya cocok dengan kulitmu.

9. Gunakan Produk Tambahan dengan Benar

Selain itu, kamu juga harus menggunakan produk tambahan dengan benar. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembab atau masker wajah, pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang tercantum di kemasan produk. Jika kamu menggunakan produk yang salah atau tidak sesuai dengan petunjuk, hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan kemerahan jerawat.

10. Cobalah Remedi Alami

Remedi alami juga dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat. Beberapa remedi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan jerawat adalah dengan menggunakan air jeruk lemon, madu, dan teh hijau. Air jeruk lemon mengandung vitamin C yang berguna untuk meredakan kemerahan jerawat. Madu juga dapat membantu mengurangi kemerahan jer

VideoCara Ngilangin Kemerahan Jerawat