Cara Ngempesin Jerawat yang Bengkak

Cara Ngempesin Jerawat Yang Bengkak
Source: bing.com

1. Apa yang Menyebabkan Jerawat Bengkak?

Jerawat bengkak disebabkan oleh kombinasi beberapa hal, termasuk produksi minyak berlebih, pembentukan komedo, infeksi bakteri, dan kemungkinan stres. Minyak berlebih mengumpulkan di pori-pori Anda dan menyebabkan terbentuknya komedo, yang merupakan sumber infeksi bakteri. Stres juga dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat bengkak.

2. Pencucian Wajah

Merawat jerawat bengkak dengan benar dimulai dengan pencucian wajah yang tepat. Anda harus mencuci wajah Anda dua kali sehari dengan sabun yang khusus untuk kulit berjerawat. Jangan terlalu keras saat mencuci wajah Anda karena hal ini dapat memicu produksi minyak berlebih. Jika Anda memiliki jerawat bengkak, hindari menggosok wajah Anda dengan handuk karena hal ini dapat menyebabkan pembengkakan lebih lanjut.

3. Gunakan Masker

Selanjutnya, Anda dapat mencoba masker yang tepat untuk mengurangi bengkak pada jerawat. Masker khusus dengan kandungan minyak seperti minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak abu-abu dapat membantu Anda mengempeskan jerawat bengkak. Masker ini juga dapat menenangkan dan melembutkan kulit wajah Anda.

4. Gunakan Produk Anti-Jerawat

Produk khusus untuk jerawat juga dapat membantu Anda mengurangi bengkak pada jerawat. Anda dapat mencoba produk seperti pelembab, toner, dan serum yang dirancang untuk mengurangi produksi minyak dan mengurangi jerawat. Produk yang mengandung benzoil peroksida juga dapat bermanfaat dalam mengobati jerawat bengkak. Pastikan untuk mencari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Pengobatan Jerawat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

5. Gunakan Krim Penghilang Jerawat

Krim penghilang jerawat juga dapat membantu mengurangi bengkak pada jerawat. Krim ini biasanya mengandung antibiotik, seperti eritromisin, yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Krim ini juga dapat mengurangi produksi minyak dan mengurangi ruam. Pastikan untuk membaca label produk sebelum membeli krim penghilang jerawat untuk memastikan itu cocok untuk jenis kulit Anda.

6. Gunakan Masker Asam Salisilat

Masker asam salisilat adalah cara lain yang efektif untuk mengurangi bengkak pada jerawat. Asam salisilat merupakan komponen yang sering digunakan dalam produk yang dirancang untuk mengurangi jerawat. Masker ini dapat membantu mengontrol produksi minyak, mengurangi pembentukan komedo, dan mengurangi ruam. Pastikan untuk membeli masker asam salisilat dari toko kecantikan yang terpercaya.

7. Gunakan Vitamin E

Vitamin E adalah obat herbal yang dapat membantu mengurangi bengkak pada jerawat. Vitamin E dapat membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan membantu mengurangi inflamasi pada kulit. Anda dapat menggunakan vitamin E secara topikal atau mengonsumsinya untuk mendapatkan hasil terbaik.

8. Gunakan Vitamin A

Vitamin A juga dapat membantu mengurangi bengkak pada jerawat. Vitamin A berperan dalam pengelupasan sel kulit mati dan pencegahan produksi minyak berlebih. Vitamin A juga dapat membantu mengurangi bengkak dan mengurangi inflamasi pada kulit. Anda dapat mengonsumsi vitamin A atau menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin A.

9. Gunakan Es Batu

Es batu adalah cara lain yang efektif untuk mengurangi bengkak pada jerawat. Es batu dapat membantu mengurangi inflamasi dan mengempeskan jerawat bengkak. Caranya adalah dengan menempatkan es batu dalam kain tipis dan menekannya ke area yang terkena jerawat selama beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan kantung es untuk tujuan yang sama.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung

10. Gunakan Perawatan Alternatif

Perawatan alternatif juga dapat membantu Anda mengurangi bengkak pada jerawat. Akupunktur dan terapi refleksi merupakan dua jenis perawatan alternatif yang dapat membantu mengurangi jerawat. Akupunktur dapat membantu mengurangi hormon berlebih yang menyebabkan jerawat, sementara terapi refleksi dapat membantu mengurangi stres. Pastikan untuk mencari praktisi yang terpercaya sebelum melakukan perawatan alternatif.

Kesimpulan

Jerawat bengkak dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengurangi rasa percaya diri Anda. Namun, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bengkak pada jerawat. Pencucian wajah, penggunaan produk anti-jerawat, krim penghilang jerawat, masker asam salisilat, vitamin E, vitamin A, es batu, dan perawatan alternatif adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat bengkak. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah jerawat yang parah.

VideoCara Ngempesin Jerawat yang Bengkak