Cara Merawat Wajah dari Jerawat

Cara Merawat Wajah Dari Jerawat
Source: bing.com

Memiliki jerawat merupakan masalah yang umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalami jerawat. Namun, jangan biarkan jerawat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Dengan melakukan cara merawat wajah dari jerawat dengan benar, Anda dapat menjaga kulit Anda sehat dan bersinar.

Mengapa Jerawat Muncul?

Jerawat muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sebum, minyak, atau kotoran. Selama masa pubertas, hormon yang berubah dapat memicu produksi minyak lebih banyak. Minyak ini bisa menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan jerawat. Namun, jerawat juga dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan, alergi, kulit sensitif, kosmetik yang tidak sesuai, atau masalah hormonal.

Cara Merawat Wajah dari Jerawat

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat wajah dari jerawat:

1. Bersihkan Wajah Anda Secara Teratur

Bersihkan wajah Anda dengan sabun wajah yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, teh hijau, atau ekstrak lidah buaya. Pembersih ini akan membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari untuk hasil terbaik.

2. Gunakan Produk Mengandung Salicylic Acid

Salicylic acid adalah bahan aktif yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan membantu mengurangi jerawat. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid dan gunakan secara teratur untuk hasil terbaik.

BACA JUGA:  Apakah Poni Menyebabkan Jerawat?

3. Gunakan Masker Pembersih Secara Teratur

Masker pembersih dapat membantu mengangkat sebum dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Gunakan masker pembersih secara teratur untuk membantu mencegah jerawat. Pilih masker yang mengandung bahan alami seperti aloe vera, rumput laut, atau madu.

4. Gunakan Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E untuk membantu mengurangi keradangan dan menyembuhkan jerawat.

5. Jaga Pola Makan

Makanan berlemak dan berminyak dapat memicu produksi minyak, sehingga menyebabkan jerawat. Pilih makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ini akan membantu Anda tetap sehat dan meminimalkan produksi minyak.

6. Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap sehat. Minum minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu membersihkan toksin dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

7. Jaga Kebersihan Kosmetik

Kosmetik yang kotor dapat menyumbat pori-pori dan memicu peradangan. Pastikan untuk mengganti spons muka Anda setiap minggu dan menyimpan kosmetik Anda di tempat yang bersih dan kering.

8. Hindari Menggaruk Jerawat

Menggaruk jerawat dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya hindari untuk menggaruk jerawat dan biarkan jerawat sembuh sendiri.

9. Gunakan Tabir Surya

Radiasi UV dari sinar matahari dapat mengganggu keseimbangan minyak di kulit. Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

10. Periksakan Dokter

Jika jerawat Anda masih belum sembuh walaupun Anda telah melakukan cara merawat wajah dari jerawat dengan benar, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan obat dan saran untuk membantu mengobati jerawat Anda.

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah yang umum terjadi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara merawat wajah dari jerawat yang bisa dilakukan. Mulailah dengan menjaga kebersihan wajah Anda, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid, dan jaga pola makan Anda. Jangan lupa untuk minum air putih dan hindari menggaruk jerawat. Jika jerawat tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter.

BACA JUGA:  Apakah Menstruasi Menyebabkan Jerawat?

VideoCara Merawat Wajah dari Jerawat