Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat

Cara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada remaja dan orang dewasa. Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat, termasuk hormon. Hormon dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang bisa menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Untuk mencegah jerawat akibat hormon, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menjaga pola makan sehat

Makan makanan sehat yang tinggi nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, produk olahan susu rendah lemak, dan biji-bijian, akan menjaga keseimbangan hormon. Jangan lupa untuk minum banyak air putih selama hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebaliknya, makanan berlemak yang tinggi dan makanan cepat saji dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang akan menyebabkan jerawat.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu untuk menstabilkan hormon. Olahraga membantu mengeluarkan hormon stres yang dapat menyebabkan jerawat. Olahraga juga membantu meningkatkan aliran darah di kulit, yang memberikan nutrisi lebih ke kulit dan membantu membersihkan pori-pori.

3. Menjaga kebersihan kulit

Kebersihan kulit adalah kunci untuk mencegah jerawat. Selalu bersihkan wajah setiap hari menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jangan lupa untuk mengganti handuk setiap hari. Jangan gunakan produk-produk yang berbahan kimia berat karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

4. Meminimalisir stres

Stres dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk meluangkan waktu untuk beristirahat dan minum teh rileks. Anda juga dapat mencoba berolahraga atau meditasi untuk mengurangi stres. Anda juga dapat melakukan aktivitas relaksasi lainnya sesuai dengan kepribadian Anda.

BACA JUGA:  Scarlett Cream, Solusi Terbaik untuk Jerawat

5. Menghindari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Selalu gunakan tabir surya selama beraktivitas di luar ruangan dan gunakan topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Hindarilah dari beraktivitas di luar ruangan selama jam-jam terik.

6. Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jangan lupa untuk memilih produk yang dibuat dari bahan alami karena produk tersebut lebih aman untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

7. Menjaga tingkat kelembaban kulit

Kelembaban kulit juga bisa mempengaruhi produksi minyak di kulit dan kadar hormon. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda. Pilih pelembab yang mengandung bahan alami dan bisa melembabkan kulit tanpa menyebabkan iritasi kulit.

8. Menggunakan produk yang mengandung bahan alami

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, gunakan produk yang mengandung bahan alami. Produk yang mengandung bahan alami dapat bekerja lebih baik untuk menstabilkan hormon di kulit dan mencegah jerawat.

9. Berobat ke dokter

Jika anda masih mengalami masalah jerawat akibat hormon, anda dapat berobat ke dokter. Dokter akan memberikan beberapa alternatif terapi untuk mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh hormon, seperti krim atau obat-obatan tertentu.

Kesimpulan

Untuk menstabilkan hormon penyebab jerawat, cobalah untuk menjaga pola makan sehat, olahraga secara teratur, menjaga kebersihan kulit, meminimalisir stres, menghindari paparan sinar matahari, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, menjaga tingkat kelembaban kulit, menggunakan produk yang mengandung bahan alami, dan berobat ke dokter jika masih mengalami masalah jerawat akibat hormon.

BACA JUGA:  Banyak Jerawat di Dagu? Inilah Cara Mengatasinya

VideoCara Menstabilkan Hormon Penyebab Jerawat