Cara Menyembuhkan Jerawat yang Meradang

Cara Menyembuhkan Jerawat Yang Meradang
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang, terutama remaja. Jerawat akan muncul di wajah, leher, punggung, dan dada. Semakin banyak kuman yang masuk ke kulit, semakin banyak jerawat yang muncul. Jerawat yang meradang menyebabkan rasa sakit dan gatal. Ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat yang meradang.

1. Gunakan Air Hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara yang baik untuk menyembuhkan jerawat yang meradang. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda setidaknya sekali sehari. Ini akan membantu melembutkan kulit dan menyegarkan kulit Anda. Gunakan sabun yang lembut dan jangan terlalu keras ketika membersihkan wajah Anda. Pijat wajah Anda secara lembut dengan jari-jari Anda. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang tertinggal di wajah.

2. Gunakan Masker Alami

Masker alami dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Anda dapat membuat masker sendiri dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh lemon. Aplikasikan campuran ini di wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit sampai kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Madu akan menenangkan kulit Anda dan lemon akan membantu menghilangkan bakteri dan minyak berlebih.

3. Gunakan Lem Kacang Tanah

Lem kacang tanah dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Anda dapat membuat lem kacang tanah dengan mencampurkan satu sendok teh kacang tanah dengan satu sendok teh air. Aplikasikan campuran ini di wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit sampai kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Kacang tanah akan menenangkan kulit Anda dan air akan membantu melembutkan dan menyegarkan kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Membandel pada Pria

4. Gunakan Bahan Alami Lainnya

Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya untuk mengobati jerawat yang meradang. Anda dapat menggunakan jus lidah buaya untuk menenangkan kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan teh hijau untuk melembutkan kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan minyak almond untuk melembutkan kulit Anda. Gunakan bahan-bahan ini secara teratur untuk hasil yang terbaik.

5. Gunakan Produk Pembersih Wajah

Anda juga dapat menggunakan produk pembersih wajah untuk mengurangi jerawat yang meradang. Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan produk ini secara teratur untuk hasil yang terbaik. Pastikan untuk tidak menggunakan produk yang terlalu berbahan kimia karena dapat mengiritasi kulit Anda.

6. Jangan Menekan Jerawat

Jangan menekan jerawat karena dapat memperburuk masalah. Tekanan dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih meradang. Ini juga dapat menyebabkan infeksi di kulit Anda. Jika Anda memiliki jerawat yang meradang, biarkan saja sehingga ia dapat sembuh dengan sendirinya.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan. Ini akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah jerawat dari timbul.

8. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang. Air akan membantu membersihkan sistem pencernaan Anda dan mencegah kotoran dari menumpuk di dalam tubuh. Ini akan membantu mengurangi jerawat yang muncul di wajah Anda. Minum 8-10 gelas air per hari untuk hasil yang terbaik.

9. Gunakan Bedak

Gunakan bedak untuk menutupi jerawat yang meradang. Bedak akan membantu menyembunyikan jerawat dari pandangan orang lain. Pilih bedak yang cocok dengan jenis kulit Anda. Gunakan bedak yang ringan agar tidak menyumbat pori-pori kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat di Seluruh Tubuh

10. Konsultasikan Dokter

Jika semua cara di atas tidak membantu, segera konsultasikan dokter. Dokter akan menilai masalah kulit Anda dan meresepkan obat yang tepat untuk mengobati jerawat yang meradang. Jika Anda memiliki masalah kulit yang parah, dokter juga dapat meresepkan obat steroid untuk membantu mengurangi peradangan.

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh orang-orang. Jerawat yang meradang dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat yang meradang, seperti mandi dengan air hangat, menggunakan masker alami, menggunakan lem kacang tanah, menggunakan bahan alami lainnya, menggunakan produk pembersih wajah, tidak menekan jerawat, mengonsumsi makanan sehat, minum banyak air, dan menggunakan bedak. Jika semua cara di atas tidak membantu, segeralah konsultasikan dokter.

VideoCara Menyembuhkan Jerawat yang Meradang